PENGARUH MOBILISASI DINI TERHADAP PERUBAHAN TINGKAT NYERI PASIEN POST OPERASI APPENDIKTOMY: LITERATURE REVIEW

Rizca Nurfazatie, Susito Susito, Nurbani Nurbani

Abstract


Tindakan appendiktomi merupakan peristiwa kompleks sebagai ancaman potensial atau aktual pada integritas seseorang baik biopsikososial spiritual yang dapat menimbulkan respon berupa nyeri. Nyeri merupakan pengalaman yang tidak menyenangkan, baik sensori maupun emosional yang merupakan akibat dari kerusakan jaringan aktual atau potensial dan merupakan suatu hal yang dapat mengganggu dan menyulitkan bagi sebagian besar orang yang mengalami hal ini. Rasa nyeri dapat dikurangi secara farmakologis seperti obat-obatan analgesia dan nonfarmakologis salah satunya adalah melakukan mobilisasi dini untuk mengalihkan perhatian klien dari nyeri menuju aktivitas gerak yang dilakukan sesuai panduan. Mobilisasi dini adalah tindakan yang dilakukan untuk selekas mungkin membimbing penderita keluar dari tempat tidurnya dan membimbingnya selekas mungkin berjalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi apakah ada pengaruh mobilisasi dini terhadap perubahan tingkat nyeri. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan atau kajian literatur yang bersumber dari artikel maupun jurnal dengan menggunakan 6 kajian literatur. Didapatkan hasil yaitu mobilisasi selalu dilakukan setelah 24 jam pertama post operasi. Dapat disimpulkan bahwa Adanya pengaruh mobilisasi dini terhadap perubahan tingkat nyeri.


Full Text:

PDF

References


Appolonaris T. Berkanis . 2018. Pengaruh Mobilisasi Dini Tehadap Intensitas Nyeri Pasien post Operasi di RSUD S.K. Lerik Kupang. Universitas Citra Bangsa.

Arianti, Nadila Putri Mayna. 2020. Mobilisasi Dini Terhadap Pemulihan Peristaltik Usus dan Skala Nyeri Pasien Post Pembedahan di RSUD PKU Muhammadiyah Gamping. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

Budiman. 2011. Penelitian Kesehatan. Bandung: Refika Aditama Dharma, Kelana Kusuma. 2011. Metodologi Penelitian Keperawatan. Jakarta : Trans Info Media Depkes RI, 2013; Longo et al., 2013.

Firman Arief. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pelaksanaan Mobilisasi Dini Pasien Pasca Bedah Digestif Appendiktomy di RS dr.

H. Moch. Ansari Saleh Banjarmasin. Universitas Muhammadiyah Banjarmasin.

Hidayat, A. Alimul Aziz dan Uliah, Musrifatul.2015.Pengantar Kebutuhan Dasar Manusia Edisi 2-Buku 2. Jakarta: Salemba Medika.

Jitowiyono dan Kristiyanasari. 2010. Asuhan Keperawatan Post Operasi Pendekatan Nanda, NIC, NOC. Yogyakarta: Nuha Medika

Kurniawan, Budi. 2013. Pengaruh Metode Pendidikan Kesehatan Melalui Leaflet dengan Motivasi Mobilisasi Dini pada Pasien Post Operasi Fraktur di Ruang Flamboyan RSUD dr. Harjono. S Ponorogo

Mansjoer (2012). Kapita Selekta Kedokteran. Jakarta. Media Aesculapius

Moch Fatkan, Wesiana. Pengaruh Kombinasi Mobilisasi Dini Dan Relaksasi Spritual Terhadap Tingkat Nyeri Klien Post Operasi Appendiktomy di RSUD Islam Surabaya. Universitas Airlangga Surabaya.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Nursalam. (2011). Manajemen Keperawatan Edisi 3. Jakarta: Selemba Medika.

Rekam Medik RSUD dr.Abdul Aziz Singkawang 2019.Jumlah Pasien Post Operasi Appendiktomi

Rismalia, Rizka. 2010. Gambaran Pengetahuan dan Perilaku Pasien Pasca Operasi Appendectomy tentang Mobilisasi Dini di RSUP Fatmawati.

Rr. Caecilia Yudistika Pristahayuningtyas,. Pengaruh Mobilisasi Dini terhadap Perubahan Tingkat Nyeri Klien Post Operasi Apendektomi. di Ruang Bedah Mawar Rumah Sakit Baladhika Husada Kabupaten Jember.

Setiawati dan Dermawan. 2015. Proses Pembelajaran Dalam PendidikanKesehatan. Jakarta: Trans Info Media

Sjamsuhidajat & de jong. 2011. Buku Ajar Ilmu Bedah.Jakarta: EGC

Sugiyono. 2010. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Susilo & Suyanto. (2014). Metode Penelitian Epidemiologi Bidang Dokter dan Kesehatan. Yogyakarta: Bursa Ilmu.

Tia Mitrawati (2014). Hubungan Mobilisasi Dini Dengan Lamanya Penyemnbuhan Luka Pasien Pasca Operasi Appediktomy. di RSUD JEND. A. Yani Metro.

Widuri, 2016. Kebutuhan Dasar Manusia. Yogyakarta: Gosyen Publishing




DOI: https://doi.org/10.30602/sjnr.v2i2.1183

Article Metrics

Abstract views : 92| PDF views : 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SCIENTIFIC JOURNAL OF NURSING RESARCH

Indexed by: