Penilaian Pasien Rawat Inap Terhadap Pelayanan Makanan Instalasi Gizi RS. USU

Caca Pratiwi, Savadilla Solin, Mercy Kharistin Zega

Abstract


Penilaian pasien terhadap pelayanan makanan instalasi gizi rumah sakit merupakan suatu hal yang perlu dievaluasi karena memiliki peranan terhadap kecepatan penyembuhan pasien rawat inap. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien rawat inap terhadap makanan yang disajikan di RS USU. Rancangan penelitian yang digunakan adalah  deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional menggunakan metode survei. Responden dalam penelitian ini berjumlah sebanyak 20 pasien yang merupakan seluruh pasien rawat inap kelas VIP, kelas 1, kelas 2, dan kelas 3. Penilaian dari aspek rasa makanan menurut responden baik sebesar sebesar 85% dan sangat baik sebesar 10%, aspek penampilan 65% baik dan 20% sangat baik, aspek aroma70% baik dan 20% sangat baik, aspek variasi menu 75% baik dan 20% sangat baik, aspek kombinasi wana 70% baik dan 20% sangat baik, aspek tekstur 70% baik dan 30% sangat baik, aspek besar porsi yang disajikan 70% baik dan 20% sangat baik. Pada aspek pelayanan makanan oleh pramusaji,  sebagian besar responden memberikan penilaian yang memuaskan. Pelayanan makanan secara keseluruhan di rumah sakit RS. USU sudah sangat memuaskan sebesar 55%, memuaskan sebesar 35%, dan cukup memuaskan sebesar 10%.


Keywords


Penilaian Pasien, Pelayanan Makanan; kepuasan pasien; Rumah sakit

Full Text:

PDF

References


Azizah, A.Z., Darni, J., Damayanti, A.Y., Naufalina, M.D. (2019). Perbedaan Tingkat Kepuasaan Makan Pasien di Rumah Sakit Bersetifikat Halal Dengan yang Belum Bersetifikat Halal. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 3(1), 25-32. Retrieved from http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ghidza/article/view/12668

Busra, N. N., Dolah, S. N., Che Ngah, H., & Samsudin, A. (2017). Government Hospitals Food Quality and Patient Satisfaction. Journal of Tourism, Hospitality & Culinary Arts, 9(2), 593–602. Retrieved from https://fhtm.uitm.edu.my/images/jthca/Vol9Issue2/6-16.pdf

Depkes RI. (2006). Pedomann Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta, Depkes RI.

Depkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta, Depkes RI.

Handayani, L.N., Padmiari, I.A.E., dan Suantara, I.M. R. (2018). Tingkat Kepuasan Siswa Bintara pada Penyelenggaraan Makanan di Depo Pendidikan dan Latihan Pertempuran Rindam IX/Udayana TNI-AD Bulelang-Bali. Jurnal Ilmu Gizi, 7(3), 64-72. Retrieved from https://ejournal.poltekkes-denpasar.ac.id/index.php/JIG/article/view/JIG07303

Lumbantoruan, D. B. S. (2012). Hubungan

Penampilan Makanan dan Faktor Lainnya

dengan Sisa Makan Biasa Pasien Kelas 3

Seruni RS Puri Cinera Depok Bulan Pasien April-Mei 2012 [Undergraduate Thesis]. Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Nurhamidah., Yensasnidar., & Manora. E. (2019). Hubungan Penampilan, Rasa, dan Keramahan Penyaji Terhadap Sisa Makanan pada Pasien Rawat Inap RSUD Arosuka Solok. Jurnal of Sainstek, 11(2), 56-64. Retrieved from https://ojs.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/sainstek/article/view/1619/1542

Pohan., dan Imbalo S. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar- Dasar, Pengertian, dan Penerapan. Jakarta : EGC

Rachmawati, I., & Afridah, W. (2014). Mutu Pelayanan Gizi Dengan Tingkat Kepuasan Pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 7(2), 193-201. Retrieved from https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JHS/article/view/508/459

Rachmawati, A.D., & Afifah, C.A.N. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Penyajian dan Pelayanan Makanan di Rumah Sakit. 1(2), 37-49. Retrieved from https://jurnal.unigo.ac.id/index.php/gjnd/article/view/1690

Rumah Sakit Sumatra Utara. (2022). Profil Rumah Sakit Sumatra Utara. http://rumahsakit.usu.ac.id/index.php/id/about/profile. [diakses 8 Februari 2022]

Sastrianegara, M.F. (2014). Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta, Salemba Media.

Tanuwijaya, L.K,. Novitasari,T.D., Arfiani, E.P, Wani,Y.A., & Wulandari. D.E. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit. Jurnal Gizi, 8(1), 50-58. Retrieved from https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/jgizi/article/view/4765

Widyastuti, N., & Pramono, A. (2014). Manajemen Jasa Boga. Yogyakarta, Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v5i1.920

Article Metrics

Abstract views : 897| PDF views : 366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics