Pendidikan Gizi Melalui Media Audio Kinestik Terhadap Peningkatan Pengetahuan Serta Konsumsi Sayur Dan Buah Pada Anak Sekolah

Intan Ariestia, suaebah suebah, nopriantini nopriantini

Abstract


Salah satu pesan gizi seimbang khususnya untuk anak usia sekolah dasar yaitu dengan mengkonsumsi sayur dan buah sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy-Experiment dengan desain one group pretest and posttest design. Responden penelitian yaitu anak sekolah dasar negeri 2 jungkat yang berjumlah 37 orang sesuai dengan total sampel yang dihitung, analisis data menggunakan uji Wilcoxon Sign test. Pengetahuan menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan gizi terhadap peningkatan pengetahuan menggunakan media audio kinestetik (lagu dan senam sayur dan buah). Selain itu, untuk hasil konsumsi sayuran menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap konsumsi sayuran setelah diberikan media audio kinestetik (lagu dan senam sayur dan buah). Sedangkan untuk hasil penelitian konsumsi buah menunjukkan bahwa tidak terdapat prbedaan yang signifikan terhadap konsumsi buah setelah diberikan media audio kinestetik (lagu dan senam sayur dan buah). Pendidikan gizi menggunakan media audio kinestetik (lagu dan senam sayur dan buah) dapat meningkatkan pengetahuan gizi anak sekolah dasar.

Keywords


Media audio kinestetik, pendidikan gizi, pengetahuan gizi, sayur dan buah.

Full Text:

PDF

References


Astuti, N. B. (2019). Buku cerita dan buku saku sebagai media edukasi gizi untuk meningkatkan pengetahuan sayur dan buah,jurnal poltekkes jayapura,11 1-7

Achmadi, A. D. (2015). Pengaruh pendidikan gizi dengan media buku saku terhadap peningkatan pengetahuan dalam pemilihan jajan anak sd muhammadiyah 16 surakarta,Jurnal Ilmu Kesehatan.

Adawiyah, E. (2017). efektivitas pendidikan gizi melalui media video dalam meningkatkan pengetahuan gizi anak usia dini, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran 4 (1), 46–58.

Arimurti, D. I. (2012). Pengaruh Pemberian Komik Pendidikan Gizi Seimbang Terhadap Pengetahuan Gizi Siswa Kelas V SDN Sukasari 4 Kota Tangerang, Jurnal Kesehatan Masyarakat

Budiyono, M. K. (2015). Dasar-dasar ilmu gizi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

dewi, s. r. (2013). hubungan antara pengetahuan gizi, sikap terhadap gizi dan pola konsumsi, Skripsi: Fakultas Teknik Universitas Negeri yogyakarta: Yogyakarta 26-29.

Ekayani, N. L. P. (2017).pentingnya penggunaan media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, https://Www. Researchget.net/publication/315105651_pentingnya media pembelajaran untuk meningkatkan prestasi belajar siswa

Emilia, E. (2009). Pendidikan Gizi Sebagai Salah Satu Sarana Perubahan Perilaku Gizi Pada Remaja, Jurnal tabularasa pps unimed, 6(2), 161–174.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran, Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4, 104–117.

Fuadi, F. I. (2016). hubungan antara pengetahuan dengan sikap masyarakat dalam mencegah leptospirosis di desa pabelan kecamatan kartasura kabupaten sukoharjo,Skripsi:Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta: Surakarta

Hartono, N. P. (2015). Pendidikan Gizi tentang Pengetahuan Pemilihan Jajanan Sehat antara Metode Ceramah dan Metode Komik,Indonesian Journal of Human Nutrition, 2(2),76-84.

Hidayati, (2017). Faktor risiko kurang konsumsi buah dan sayur pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5.

Hamidah, S. (2015). sayuran dan buah serta manfaatnya bagi kesehatan disampaikan dalam pengajian jamaah langar mafaza kotagede yogyakarta. Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta 1–10

Hamzah. (2020). Pengaruh Pola Makan Terhadap Status Gizi Anak Sekolah Dasar Jurnal Keperawatan Muhammadiyah 71.

Joni Purwono, Sri Yutmini, S. A. (2014). Penggunaan Media Audio-Visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetauan Alam,Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2), 127–144.

Khasanah, N. (2019). hubungan variasi media pembelajaran seni tari terhadap minat dan kecerdasan kinestetik siswa kelas ii sd gugus sugarda kabupaten purbalingga,Skripsi:,fakultas ilmu pendidikan universitas negeri semarang: semarang

Kurniati, M. (2019). penerapan model pembelajaran visual auditori kinestetik dalam pembelajaran ipa untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v sdn 107 seluma, Skripsi: Fakultas Tarbiyah Dan Tadris Institut Agama Islam Negeri:Bengkulu

Lestari, N. T. (2017). Gizi dalam daur kehidupan. jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Maranata, R. (2020). efektifitas intervensi bermain terhadap konsumsi sayur dan buah pada anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Permas ,10 (2),251-256.

Miftah, M. (2013). Fungsi, Dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa, Jurnal kwangsan, 1, 95–105.

Mulia, H. R. (2019). Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam memahami keberagaman gaya belajar anak,Jurnal penjaminan mutu lembaga penjaminan mutu institut hindu dharma negeri denpasar,5

Mulia, a. (2017). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Gerak dan Lagu, Skripsi:Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri: Sumatera Utara

Muna, N. I. (2019). Fator-faktor yang berhubungan dengan konsumsi buah dan sayur pada remaja,Skripsi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang.

Nurainy, F. (2018). buku ajar pengetahuan bahan nabati i:sayur-sayuran, buah-buahan,kacang-kacangan, serealia dan umbi-umbian, Bandar Lampung 1-2.

Nay, N. V. (2020). hubungan antara pengetahuan dan ketersediaan buah dan sayur dengan konsumsi buah dan sayur pada remaja di kolongan atas sonder kabupaten minahasa, Jurnal Kesmas 9(5), 56-63.

Novita, N. (2018). persepsi orang tua dalam mempromosikan sayur dan buah pada anak prasekolah, Universitas Alma Ata Yogyakarta

safari, d. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan konsumsi sayur dan buah pada siswa di sdn 11 rujukan lubuk buaya tahun 2019, Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Yayasan Perintis:Padang

Setiawati, D. Y. (2020). Panduan Gizi Seimbang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia.

Sekti, R. M. (2019). Edukasi Gizi dengan Media Audiovisual terhadap Pola Konsumsi Sayur Buah pada Remaja SMP di Jakarta Timur. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 1(2), 77–88.

Suryandi, A. (2018). Perbedaan konsumsi sayur sebelum dan sesudah pendidikan kesehatan dengan metode storytelling pada anak sekolah dasar di sdn mulyoagung 04 dau malang Jurnal nursing news, 3.

Safrianti, S. D. (2017). pengaruh gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik terhadap hasil belajar siswa kelas x ips program unggulan di man 1 kota malang, Skripsi: Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim:Malang

Sari, A. K. (2014). analisis karakteristik gaya belajar vak ( visual , auditorial , kinestetik ), Jurnal Ilmiah Edutic 1(1), 1–12.

Sirajudin. (2018). Survey Konsumsi Pangan, Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Tafonao, T. (2018). peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa, Jurnal Komunikasi Pendidikan, 105-106.

University, H. P. (2020). Panduan Aktifitas Fisik Di Tengah Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Walansendow, P. I. (2016). faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat prestasi anak usia sekolah di sd gmim tumpengan sea dua kecamatan pineleng, jurnal keperawatan, 4 (2).

Yuliana,E.(2017).Analisis Pengetahuan Siswa, Skripsi:Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan,Universitas Muhammadiyah Purwokerto: Purwokerto




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v4i2.904

Article Metrics

Abstract views : 476| PDF views : 126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics