Pengaruh Edukasi Gizi Melalui Media Aplikasi Tik Tok Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Remaja Putri SMAN 1 Dedai Kabupaten Sintang

Trisa Pamilasari, Desi Desi, Jonni Syah R Purba Purba

Abstract


Remaja putri mengalami percepatan pertumbuhan lebih cepat karena tubuhnya memerlukan persiapan menjelang usia reproduksi, seperti menstruasi dan kehamilan. Remaja putri rela melakukan diet ketat tanpa disertai pengetahuan gizi yang cukup, sehingga muncullah perilaku makan yang tidak sesuai dengan prinsip gizi seimbang. Jika hal ini diteruskan, akan berpengaruh pada kualitas kesehatan dan gizi remaja yang seharusnya disiapkan dengan matang sebagai seorang calon ibu. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan gizi seimbang remaja putri dalam penelitian ini adalah menggunakan media aplikasi Tik Tok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi melalui media aplikasi Tik Tok terhadap pengetahuan gizi seimbang pada remaja putri SMAN 1 Dedai. Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experiment dengan desain one group pre-test and post-test. Sampel penelitian adalah remaja putri kelas X sampai XII sebanyak 35 orang di SMAN 1 Dedai. Data di analisis menggunakan uji Paired Sample T-Test untuk melihat perbedaan pengetahuan sebelum dan sesudah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan menggunakan media aplikasi Tik Tok terhadap pengetahuan tentang gizi seimbang (p=0,001). Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh edukasi gizi menggunakan Media Aplikasi Tik Tok terhadap pengetahuan gizi seimbang pada remaja putri SMAN 1 Dedai Kabupaten Sintang. Edukasi Gizi dengan menggunakan vidio tiktok dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang pada remaja putri

Keywords


Aplikasi Tik Tok, Pengetahuan, Gizi Seimbang, Remaja Putri

Full Text:

PDF

References


Aji, W. N. (2018). Aplikasi Tiktok sebagai Media Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pertemuan Ilmiah Bahasa Dan Sastra Indonesia, 431, 431–440.

Deriyanto, D., & Qorib, F. (2018). Persepsi Mahasiswa Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang Terhadap Penggunaan Aplikasi Tik Tok. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Politik, 7(2), 77–83. Retrieved from www.publikasi.unitri.ac.id.

Felicia, F., Hutagaol, E., & Kundre, R. (2015). Hubungan Status Gizi Dengan Siklus Menstruasi Pada Remaja Putri Di Psik Fk Unsrat Manado. Jurnal Keperawatan Unsrat, 3(1), 110354.

Fitri, S. (2017). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Perubahan Sosial Anak. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2),118–123. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v1i2.5

Hanifah, D. L. (2015). Perbedaan pengetahuan remaja sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan tentang gizi seimbang dengan menggunakan media video di SMP Negeri 2 Kartasura. Naskah Publikasi, 1–11. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/39799/12/Naskah Publikasi.pdf.

Kemenkes RI. (2018). Hasil Utama Riskesdas 2018 Provinsi Kalimantan Barat.

Khairuni, N. (2016). Dampak Positif Dan Negatif Sosial Media Terhadap Pendidikan Akhlak Anak (Studi Kasus Di Smp Negeri 2 Kelas Viii Banda Aceh). Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(1), 91. https://doi.org/10.22373/je.v2i1.693.

Krisdiani, A. F., Sufyan, D. L., Ilmi, I. M. B., & Syah, M. N. H. (2020). Pengaruh Edukasi Melalui Twitter Thread Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Remaja di SMP Harjamukti Depok. Ikesma, 16(2). 95 https://doi.org/10.19184/ikesma.v16i2.18804

Lisnawaty, Rizki Eka Sakti Octaviani, & Yusuf Sabilu. (2021). Education on the Fulfillment of Balanced Nutrition and My Plate Contents for Students of SMPN 7 Kendari. Indonesian Journal of Innovation and Applied Sciences (IJIAS), 1(1), 40–43.

Marlenywati, M., Saleh, I., & Lestari, P. (2017). Gambaran Asupan Zat Gizi Makro Dan Mikro, Sisa Makanan, Status Gizi Dan Tingkat Kepuasan Mutu Hidangan Santri Pada Sistem Penyelenggaraan Makanan (Studi Disekolah Menengah Atas Islam Terpadu Al-Fityan Kabupaten Kuburaya). Jumantik, 4(2), 1–10. https://doi.org/10.29406/jjum.v4i2.86.

Milosavljević, D., Mandić, M. L., & Banjari, I. (2015). Nutritional knowledge and dietary habits survey in high school population. Collegium Antropologicum, 39(1), 101–107.

Pujiati. (2015). Hubungan Antara Perilaku Makan Dengan Status Gizi Pada Remaja. Jom, 2(2).

Purbokojati, B., Simanjuntak, V. G., & Haetami, M. (2016). Survei Tingkat Pemahaman Dan Status Gizi Peserta Didik Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 20 Pontianak, 1–10.

Setiawati, S. E. (2015). Pengaruh Stres Terhadap Siklus Menstruasi pada Remaja. Journal Majority, 4(1), 94–98.

Setyawati, V. A. V., & Setyowati, M. (2015). Karakter Gizi Remaja Putri Urban Dan Rural Di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 43. https://doi.org/10.15294/kemas.v11i1.3463

Susilowati. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Personal Branding Di Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun @bowo_allpennliebe). Jurnal Komunikasi, 9(2), 176–185.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v5i1.909

Article Metrics

Abstract views : 1651| PDF views : 479

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics