GAMBARAN SISTEM PENYELENGGARAAN MAKANAN DI PONDOK PESANTREN AL-FATAH SINGKAWANG

Syifa Humaira, Shelly Festilia Agusanti, Mulyanita Mulyanita, Rezza Dewintha

Abstract


Penyelenggaran makan institusi khususnya di pondok pesantren merupakan komponen penting dalam menentukan status gizi para santri. Pendidikan pondok pesantren memiliki kurikulum yang mewajibkan santri bertempat tinggal tetap di pondok pesantren selama kegiatan pembelajaran. Artinya, para santri tinggal dan makan di pondok pesantren, dalam situasi ini pondok pesantren harus memberikan pelayanan makanan terbaik kepada santrinya, memastikan bahwa kebutuhan gizinya terpenuhi sehingga proses belajar mengajarnya berjalan dengan lancar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui gambaran sistem penyelenggaraan makanan di Pondok Pesantren Al-Fatah Singkawang.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional dengan rancangan penelitian yaitu deskriptif yang menggunakan tehnik wawancara dengan pihak yang bersangkutan dalam penyelenggaran makanan serta observasi (pengamatan) untuk melihat gambaran sistem penyelenggaran makanan di Pondok Pesantren Al-Fatah Singkawang.

Penelitian ini menunjukkan bahwa unit penyelenggaraan makanan di Pondok Pesantren Al-Fatah Singkawang tidak memberlakukan peraturan pemberian makanan, tidak menetapkan standar makanan dan standar porsi. Siklus menu dilakukan namun masih belum memenuhi syarat yakni tidak bervariasi, perencanaan kebutuhan telah ditetapkan sesuai anggaran namun tidak menghitung perencanaan biaya makanan. Pengadaan bahan makanan dan pemesanan serta pembelian dilakukan namun pada penerimaan bahan makanan tidak diperiksa sesuai spesifikasi bahan makanan yakni tidak tersedianya spesifikasi bahan makanan, penyimpanan bahan makanan masih belum memenuhi syarat yakni tidak adanya pengecekan suhu pada bahan makanan, persiapan dan pengolahan bahan makanan belum memenuhi syarat yakni tidak adanya pedoman menu dan distribusi makanan menerapkan sistem kombinasi.

Disimpulkan penyelenggaraan makanan di Pondok Pesantren Al- Fatah Singkawang masih belum memenuhi standar umum penyelenggaraan makanan institusi.


Keywords


Penyelenggaraan Makanan Institusi; Pondok Pesantren; Pengadaan Bahan Makanan; Pemesanan Bahan Makanan

Full Text:

PDF

References


Aritonang, I., & Makanan, P. (2012). Manajemen Sistem Pelayanan Gizi Swakelola dan Jasa Boga Di Instalasi Gizi Rumah Sakit. Yogyakarta: Leutika Dengan CEBioS Jurusan Gizi Poltekes Yogyakarta.

Fajarwanti, F., Setyowati, S., & Noor Tifauzah, N. T. (2017). PENGARUH MODIFIKASI ALAT SAJI MAKANAN TERHADAP SISA MAKANAN DIIT NASI BIASA PADA PASIEN KELAS III DI RSUD WONOSARI. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta.

Mamuaja, C. F. (2016). Pengawasan mutu dan keamanan pangan. Unsrat Press.

Moehyi, S. (2019). Penyelenggaraan makanan institusi dan jasa boga.

Nissa, C. (2015). Buku Panduan Pre-Internship Manajemen Pelayanan Makanan.

Rahmi, Y., & Kusuma, T. S. (2020). Ilmu Bahan Makanan. Universitas Brawijaya Press.

Ronitawati, P., Ayupradinda, B. F., Sitoayu, L., Sa’pang, M., & Nuzrina, R. (2022). Perencanaan Menu, Preferensi Menu, Terhadap Biaya Sisa Makanan dan Zat Gizi Yang Hilang. JURNAL NUTRISIA, 24(1), 21–28.

Sartika, R. S. (2020). Keamanan Pangan Penyelenggaraan Makanan bagi Pekerja. Jurnal Gizi Kerja Dan Produktivitas, 1(1), 29–35.

Sukotjo, S., Amar, A., & Nurani, D. (2021). PENERAPAN GOOD MANUFACTURING PRACTICE (GMP) DI KAMPUNG TEMPE KELURAHAN KEDAUNG KECAMATAN PAMULANG KOTA TANGERANG SELATAN.

Wani, Y. A., Tanuwijaya, L. K., & Arfiani, E. P. (2019). Manajemen Operasional Penyelenggaraan Makanan Massal (Edisi Revisi). Universitas Brawijaya Press.

Wayansari, lastmi; Anwar, Z Irfanny; Amri, Z. (PUSAT P. S. D. M. K. (2018). Mananjemen sistem penyelenggaraan makanan institusi. Mananjemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi, Mananjemen Sist. penyelenggaraan makanan institusi, 351.

Widyastuti, N., Nissa, C., & Panunggal, B. (2018). Manajemen Pelayanan Makanan. K-Media, 76.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v5i2.1038

Article Metrics

Abstract views : 911| PDF views : 330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics