PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TERHADAP KETERAMPILAN KADER DALAM MENIMBANG BALITA

yuli laraeni, I Nyoman Adiyasa, Joyeti Darni, Irianto Irianto, Ismi Tohriah

Abstract


Balita merupakan salah satu aset bangsa yang tidak ternilai, sehingga harus mendapat perhatian khususnya pertumbuhan dan perkembangannya. Namun demikian, kondisi balita di Indonesia pada umumnya dan dibeberapa daerah, kasus gizi kurang maupun gizi buruk masih menunjukkan angka yang memprihatinkan. Penggunaan media pada penyuluhan kesehatan akan membantu memperjelas informasi yang disampaikan, karena dapat lebih menarik, lebih interaktif, dapat mengatasi batasan ruang, waktu, dan indra manusia. Maka perlu untuk memberi intervensi melalui edukasi dengan menggunakan media video untuk meningkatkan keterampilan kader dalam penimbangan balita. Metode. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimental, yaitu menggunakan kelompok perlakuan (eksperimen) dan adanya kelompok pembanding (kontrol). Variabel independent pada penelitian ini yaitu edukasi tentang Penimbangan Balita dengan media video dan variable dependent pada penelitian ini yaitu tingkat keterampilan kader. Dianalisis dengan Analisa statistic menggunakan uji Wilcoxon. Hasil. Berdasarkan output “Test Statistics†dikatakan bahwa nilai Asymp.Sig.(2-tailend) sebesar (0.033) dimana 0.033 < 0.05 . Maka dapat disimpulkan bahwa “Hipotesis diterimaâ€, dengan demikian dapat dikatakan bahwa ada perbedaan hasil antara kelompok perlakuan dengan kelompok kontrol. Karena ada perbedaan yang signifikan maka dapat dikatakan bahwa “ada pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Keterampilan Kader Dalam Penimbangan Balita.

 


Keywords


pendidikan, media video, keterampilan

Full Text:

PDF

References


Hamariyana, Agustin Syamsianah, dan Eny Winaryati. (2013). Hubungan Pengetahuan dan Lama Kerja Dengan Ketrampilan KaderDalam Menilai Kurva Pertumbuhan Balita di Posyandu KelurahanTegalsari Kecamatan Candisari Kota Semaran.2(April).

Nurainun., Ardiani, F., & Sudaryati, E. (2015). Gambaran Keterampilan Kaderdalam Pengukuran BB dan TB berdasarkan Karakteristik Kader diWilayah Kerja Puskesmas Langsa Timur Provinsi Aceh tahun 2015.Jurnal Gizi.1-10.

Riskesdas, K. (2018). Hasil Utama Riset Kesehata Dasar (Riskesdas). Journal Of Physics A: Mathematical And Theoretical, 44(8), 1–200. Https://Doi.Org/10.1088/1751- 8113/44/8/085201

Sukiarko, E., 2007. Pengaruh Pelatihan dengan Metode Belajar Berdasarkan Masalah terhadap Pengetahuan dan Keterampilan Kader Gizi dalamKegiatan Posyandu Studi di Kecamatan Tempuran Kabupaten Magelang. Tesis Fakultas Gizi Masyarakat. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kumboyono. 2011. Perbedaan Efek Penyuluhan Kesehatan Menggunakan Media Cetak dengan Media Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Pasien Tuberkulosis. Malang: Jurnal Ilmiah Kesehatan Keperawatan. Vol 5 No 3. Fakultas Kesehatan Universitas Brawijaya.

Waryana, Almira Sitasari dan Danissa Wulan Febritasanti. (2019). Intervensi Media Video Berpengaruh Pada Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Dalam Mencegah Kurang Energi Kronik (Video Intervention Affects Knowledge And Attitude Among Teenage Girls Inpreventing Chronic Energy Malnutrition.(4)1: 58-62.

http://dx.doi.org/10.30867/action.v4i1.154

Lubis, Z, Isyatun Mardiyah. (2015). Pengetahuan Dan Tindakan Kader Posyandu Dalam Pemantauan Pertumbuhan Anak Balita.11(1), 65-73

Supariasa, I, dkk. 2012. Penilaian Status Gizi Edisi Revisi. Penebit Buku Kedokteran EGC. Jakarta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. PT. Rineka Cipta. Jakarta Notoatmodjo, Soekidjo. 2010. Metodologi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi. Jakarta : Rineka

Cipta

Notoatmodjo, Soekidjo. 2005. Metodelogi Penelitian Kesehatan.Cetakan 3. Jakarta: Asdi Masturah, I., & Anggita, N. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan.

Sugiono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Alfbeta Bandung

Fitriani, A, Desiani Rizki Purwaningtyas.(2020). Peningkatatan Pengetahuan Dan Keterampilan Kader Posyandu Dalam Pengukuran Antropometri Di Kelurahan Cilandak Barat Jakarta Selatan.367-378. http://dx.doi.org/10.22236/solma.v9i2.4087

Munfarida, S, dkk. 2012. Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posyandu. Media Gizi Indonesia. Departemen Gizi Kesehatan FKM- UNAIR.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v6i1.1145

Article Metrics

Abstract views : 127| PDF views : 6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics