Inovasi Boneka Denyut Jantung Janin (DJJ) Sederhana Sebagai Media Pembelajaran Pemeriksaan DJJ

Fajaria Nur Aini, Fitria Zuhriyatun

Abstract


Simulasi teknologi sangat diperlukan oleh pendidikan kesehatan. Dosen diharapkan mampu memilih dan mengembangkan media pembelajaran yang tepat. Tidak adanya mdia pembelajaran yang tepat dan ketidakmampuan dosen dalam mengembangkan media pembelajaran yang tepat untuk pemeriksaan denyut jantung janin (DJJ) dapat menyebabkan skill mahasiswa menjadi kurang dalam pemeriksaan DJJ. Padahal kemempuan dalam pemantauan DJJ sangat penting dikuasai oleh seorang bidan agar dapat mendeteksi secara dini kemungkinan terjadinya asfiksia pada bayi baru lahir. Seperti yang diketahui bahwa asfiksia merupakan penyebab Angka Kematian Bayi tertinggi di Indonesia. Desain penelitian ini menggunakan research and development  yang menghasilkan produk yaitu boneka DJJ sederhana dan melakukan penilaian pada hasil tersebut. Proses pengembangan dalam penelitian ini adalah dengan menciptakan master irama denyut jantung janin dengan cara melakukan perekaman suara DJJ, audio mixing, konfersi file, dan selanjutnya dilakukan perakitan boneka DJJ, validitas media, dan uji coba. Hasil validitas ahli rata-rata skor 4,32 (86,5%) sehingga dinyatakan valid dan dapat dilanjutkan uji coba pada responden. Hasil uji coba pada 46 responden menyatakan bahwa media pembelajaran ini sangat menarik dengan skor rata-rata  4.5 (90%) dari total skor 5. Sehingga produk ini dinyatakan sangat menarik dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran.


Keywords


Media Pembelajaran; Denyut Jantung Janin

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., . . . Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran: Yayasan Kita Menulis.

Aryuntini, N., Astuti, I., & Yuliana, Y. (2018). Development of Learning Media Based on VideoScribe to Improve Writing Skill for Descriptive Text of English Language Study. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(2), 187-194.

Elmunsyah, H., Hidayat, W., & Asfani, K. (2019). Interactive learning media innovation: utilization of augmented reality and pop-up book to improve user’s learning autonomy. Paper presented at the Journal of Physics: Conference Series.

Fauzia, F., & Wahyuni, S. (2017). Faktor Persalinan dan Kejadian Asfiksia Di Kota Bogor. Jurnal Keperawatan Terapan (e-Journal), 3(1), 20-26.

Firdaus, T. (2018). Pemanfaatan Media Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran.

Hadi, S. P. I., Kuntjoro, T., Sumarni, S., Anwar, M. C., Widyawati, M. N., & Pujiastuti, R. S. E. (2017). The development of e-partograph module as a learning platform for midwifery students: The ADDIE model. Belitung Nursing Journal, 3(2), 148-156.

Hafsah, N. R., Rohendi, D., & Purnawan, P. (2016). Penerapan media pembelajaran modul elektronik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran teknologi mekanik. Journal of Mechanical Engineering Education, 3(1), 106-112.

Lendahls, L., & Oscarsson, M. G. (2017). Midwifery students' experiences of simulation-and skills training. Nurse education today, 50, 12-16.

Manoe, V. M., & Amir, I. (2016). Gangguan fungsi multi organ pada bayi asfiksia berat. Sari Pediatri, 5(2), 72-78.

Moto, M. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran dalam Dunia Pendidikan. Indonesian Journal of Primary Education, 3(1), 20-28.

Munjidah, A. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Manajemen Terpadu Balita Sakit (MTBS) Melalui Media Pembelajaran Visual dan Audiovisual. Journal of Health Sciences, 9(1).

Pakpahan, A. F., Ardiana, D. P. Y., Mawati, A. T., Wagiu, E. B., Simarmata, J., Mansyur, M. Z., . . . Kaunang, F. J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Yayasan Kita Menulis.

Purba, R. A., Rofiki, I., Purba, S., Purba, P. B., Bachtiar, E., Iskandar, A., . . . Chamidah, D. (2020). Pengantar Media Pembelajaran: Yayasan Kita Menulis.

Sari, A., & Setiawan, A. (2018). The development of internet-based economic learning media using moodle approach. International journal of active learning, 3(2), 100-109.

Sari, P. (2019). Analisis terhadap kerucut pengalaman Edgar Dale dan keragaman gaya belajar untuk memilih media yang tepat dalam pembelajaran. Mudir: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 58-78.

Wiriyanti, M., Syarif, S., Ahmad, M., Prihartini, S. D., & Wahyuni, I. S. (2020). Pengaruh media pembelajaran berbasis WEB terhadap peningkatan keterampilan praktikum asuhan kala II persalinan mahasiswa DIII kebidanan. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2).

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928-3936.




DOI: https://doi.org/10.30602/jvk.v8i1.1175

Article Metrics

Abstract views : 229| PDF views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Vokasi Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


JVK (JURNAL VOKASI KESEHATAN) INDEXED BY:

 

           

LICENSE JOURNAL:

Creative Commons License
Jurnal Vokasi Kesehatan (JVK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAPS: