Verifikasi Metode Analisa Albumin Dengan Metode Bromcressol Green

Laila Kamilla, Khairida Ramadhanty, Indah Purwaningsih

Abstract


Verifikasi metode adalah konfirmasi ulang dengan cara menguji suatu metode dengan melengkapi bukti-bukti obyektif, dilakukan untuk menguji kinerja metode standar. Verifikasi metode bertujuan untuk membuktikan bahwa laboratorium mampu melakukan pengujian dengan hasil yang valid. Kajian literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi berbagai pendekatan penilaian terhadap verifikasi metode analisis albumin dengan metode Bromeressol Green. Metode penelitian ini merupakan sebuah kajian literatur. Kata kunci yang digunakan untuk melakukan pencarian literatur meliputi verifikasi, verification, metode, methods, analytical, analisis, albumin, validasi. Database yang digunakan yaitu PubMed, Elsevier, dan Google Schoolar. Dari seluruh jurnal yang teridentifikasi, 19 jurnal yang dikaji. Hasil penelitian ini mengidentifikasi lima tema yaitu linearitas, akurasi, presisi, LOD (limit of detection) dan LOQ (limit of quantification). Dapat disimpulkan, bahwa dari hasil rentang keseluruhan parameter uji, untuk semua parameter uji telah melakukan verifikasi metode analisis dengan menunjukkan hasil yang sesuai dengan syarat keberterimaan, tetapi pada masing-masing jurnal mendapatkan syarat keberterimaan yang berbeda-beda dari sumber yang berbeda juga.


Keywords


Verifikasi, Albumin, Bromcressol Green

Full Text:

PDF

References


Afifah, Z., Kurniyawan, K., & Huda, T. (2019). Verifikasi Metode Penentuan Kadar Timbal (Pb) pada Sampel Udara Ambien Menggunakan Inductifely Coupled Plasma-Optical Emission Spectroscopy (ICP-OES). LICA (Indonesian Journal of Chemical https://doi.org/10.20885/ijca vol2.iss2.art5 Analysis), 2(2). 74-79.

Aisha, S., Kuswandi, B., & Pratoko, D. K. (2018). Pengembangan Sensor Kloramfenikol Berbasis Bovine Serum Albumin menggunakan Spektrofotometri UV (The Development of Chloramphenicol Sensor Based on Bovine Serum Albumin using Spectrophotometry UV). Pustaka Kesehatan, 6(1), 1. https://doi.org/10.19184/pk.v6i1.6609

Ambarwati, Ariyani, N., & Maria Fatima Palupi. (2013). Validasi Metode

Spektrofotometri pada Uji Kadar Sediaan Injeksi Obat Hewan Enrofloksasin.

Journal Sain Veteriner, 31(2), 266-273.

Asmariani, Amriani, & Haslianti. (2017). Verifikasi Metode Uji Lemak Pakan Buatan Jurnal Teknologi Hasil Pertanian, 6(1), 92-96.

Damayanti, S., Metode, V., Penentuan, D. A. N., Laktosa, K., & Sampel, D.

(2014). Verifikasi Metode dan Penentuan Kadar Laktasa Dalam Sampel

Susu yang Berperisa Menggunakan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi. 11

Dr. dr. Irfannuddin, S. K. (2019). Cara Sistematis Berlatih Meneliti Merangkai Sistematika Penelitian Kedokteran dan Kesehatan (S. Shahabb & D. Setiawan, eds.). Jakarta Timur: Rayyana Komunikasindo.

Endah, S. R. N. (2018). Verifikasi Metode Penetapan Kadar Logam Berat Kadmium dalam Sediaan Sabun Kosmetika. 1(2), 70-80.

Friscylia, Koenarpadi, S., & Panggabean, A. S. (2019). Verifikasi Metode Penentuan Timbal (Pb) Pada Pupuk NPK Menggunakan Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS) Di PT Pupuk Kalimantan Timur.

Ginting, D. (2019). Kebijakan Penunjang Medis Rumah Sakit (SNARS).

Hadi, A. (2017). Persyaratan Umum Kompetenst Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi ISO/IEC 17025: 2017.

Kemenkes RI. (2011). Pedoman Pemeriksaan Kimia Klinik (pp. 147-157). pp. 147-157, Jakarta. Kepmenkes. (2007). Standar Profesi Ahli Tekhnologi Laboratorium Kesehatan.

Kuntari, K., Aprianto, T., Noor, R. H., & Baruji, B. (2017). Verifikasi Metode Penentuan Asetosal Dalam Obat Sakit Kepala Dengan Metode




DOI: https://doi.org/10.30602/jlk.v3i2.935

Article Metrics

Abstract views : 244| PDF views : 96

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Laboratorium Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.