Aktivitas Antibakteri Ekstrak Metanol Daun Sembung Rambat (Mikania micrantha kunth) Terhadap Bakteri Staphylococcus aures Dan Pseudomonas aeruginosa Metode Difusi

Linda Triana, Malida Fikani, Emilda Sari

Abstract


Mikania micrantha kunth atau dikenal dengan nama sembung rambat adalah salah satu spesies dari family Asteraceae. Tumbuhan ini telah digunakan sebagai obat tradisional, seperti mengobati gigitan serangga, gatal-gatal kulit, juga dapat mengobati diabetes, strok dan hipertensi. Zat aktif yang dikandung daun sembung rambat yang disebut sebagai antibakteri yaitu flavonoid dan tanin. Staphylococcus aureus bakteri jenis ini sering ditemukan sebagai kuman flora normal pada kulit dan selaput lendir pada manusia. Pseudomonas aeruginosa bakteri ini menimbulkan infeksi pada luka bakar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh ekstrak metanol daun sembung rambat dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa metode difusi. Sampel yang digunakan adalah ekstrak metanol daun sembung rambat dengan konsentrasi 5, 10 dan 15% dengan penggulangan sembilan kali, sehingga banyaknya sampel adalah 27 sampel. Berdasarkan hasil penelitian pengukuran zona hambat pada uji bakteri Staphylococcus aureus didapatkan rata-rata zona hambat pada konsentrasi 5% didapat 7 mm, pada konsentrasi 10% didapat 10 mm dan konsentrasi 15% didapat 1 1 mm. Sedangkan pada bakteri Pseudomonas aeruginosa tidak terdapat zona hambat. Penelitian ini dibuktikan secara statistik dengan menggunakan uji Spearman 's dimana p (0,000) < a (0,05) yang berarti Ha diterima, sehingga dinyatakan bahwa ada pengaruh ekstrak metanol daun sembung rambat dalam menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.


Keywords


Daun Sembung Rambat, Metode Difusi, Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa.

Full Text:

PDF

References


Anggita, A. Harris, A. and Fakhrurrazi 2018, Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Putri Malu (Mimosa pudica) Terhadap bakteri Pseudomonas aeruginosa,Jimvete,vol 2 No 3,pp. 411-418.

Banu, K. S. and Cathrine, L. 2015, General Techniques Involved in Phytochemical Analysis, International Journal of Advanced Research in chemical Science, Vol 2 No 4, pp. 25-32.

Bila, N. et al 2013, Sembung Rambat (Mikania micrantha H. B. K .) as Natural Alternative Antibacterial and Its study in cattle Mastitis in Indonesia’,pp. 3-5.

Chainmnisa, A. 2019, Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Sembung Rambat (Mikania micrantha Kunth) Dengan Variasi Pelarut Etilasetat, Kloroform dan Air Terhadap Bacillus subtilis, Skripsi. STIK Siti Khadijah, Palembang.

Davis, W. W. and Stout, T. R. 1971, Disc Plate Method of Microbiological Antibiotic Assay, Vol 22 No 4, pp. 666-670.

Depkes RI (2000) ParameterStandar Umum Ekstrak Tumbuhan Obat. Jakarta.

Dhamayanti, E., Oktaviani, K and SÃ¥ndika, P., 2017, Formulasi Larutan Antiseptik Ekstrak Etanol Daun Sembung Rambat (Mikama micrantha kunth) Untuk Luka Sayat Pada Kelinci Putih Jantan (Oryctolagus cuniculus), Skrtpsi, Akademi Farmasi Al-Fatah, Bengkulu.

Hanani, E., 2017, Analisis Fitokimia. Edited by T. V. D. Hadinata and A. Hanif, Penerbit Buku Kedokteran EGC: Jakarta.

Harti, A. S., 2015 Mikrobiologi Kesehatan. Edited by E. Risanto. CV. ANDI OFFSET: Yogyakarta.

Kemenkes, 2014, prosedur pemeriksaan bakteriologi klinik. Edited by deddy tedj ukmana. Kementrian Kesehatan RI: Jakarta




DOI: https://doi.org/10.30602/jlk.v3i2.932

Article Metrics

Abstract views : 339| PDF views : 17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Laboratorium Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.