Hubungan Usia, Paritas, Pendidikan Dan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Ibu Bersalin Kala I Di Klinik Bersalin Esti Husada Semarang

Emi Sutrisminah, Is Susiloningtyas, Murni Jayanti

Abstract


Latar Belakang: Persalinan dapat menjadi sumber stressor kecemasan. Efek dari kecemasan dalam persalinan dapat memicu keluarnya kadar katekolamin secara berlebih, sehingga dapat berakibat turunnya aliran darah ke rahim dan dapat menyebabkan lamanya persalinan kala I fase aktif. Berdasarkan penelitian menunjukkan sebagian besar (72,7%) ibu bersalin mengalami kecemasan,    mayoritas     dalam     kecemasan     sedang. 

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan usia, paritas, pendidikan, dan dukungan keluarga dengan kecemasan pada ibu bersalin kala I fase aktif di klinik bersalin Esti Husada Semarang.

Metode: Desain penelitian ini survei analitik dengan pendekatan cross sectional, populasinya seluruh ibu bersalin yaitu 25 responden, sampelnya seluruh ibu bersalin kala I fase aktif yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yaitu berjumlah 22, pengambilan sampel dengan teknik accidental sampling menggunakan kuesioner. Pengukuran tingkat kecemasan menggunakan skala HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale).

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar ibu bersalin memiliki usia tidak beresiko, paritas multigravida, berpendidikan SMA/SMK, mendapatkan dukungan dari keluarga, dan mengalami kecemasan. Ada hubungan usia dengan kecemasan (p<0,05), ada hubungan paritas dengan kecemasan (p<0,05), ada hubungan pendidikan dengan kecemasan (p<0,05), ada hubungan dukungan keluarga dengan kecemasan (p<0,05).

Kesimpulan: Ada hubungan antara usia, paritas, pendidikan, dan dukungan keluarga dengan kecemasan ibu bersalin kala I fase aktif.


Full Text:

PDF

References


Evi, Gita. 2018. “Karakteristik Ibu Dan Dukungan Keluarga Dengan Kecemasan Ibu Hamil.†Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Kesehatan Vol 16.

Goetzl, L. 2013. Kehamilan Diatas 35 Tahun Cetakan 1. Jakarta: Dian Rakyat.

Gusti, Elin. 2017. “Karakteristik Ibu Bersalin Kaitannya Dengan Intesitas Nyeri Persalinan Kala I Di Kota Bogor.†Jurnal Kebidanan Vol 3.

Handayani, Rohmi. 2014. “Pengaruh Terapi Murottal Al-Qur’an Untuk PenurunanNyeri Persalinan Dan Kecemasan Pada Ibu Bersalin Kala I Fase Aktif.†ilmiah kebidanan Vol 5.

Hawari. 2016. Tress, Depresi, Dan Cemas.

Jakarta: EGC.

Heriani. 2016. “Kecemasan Dalam Menjelang Persalinan Ditinjau Dari Paritas, Usia Dan Tingkat Pendidikan.†Jurnal Ilmu Kesehatan Aisyah Vol 1.

Istioningsih. 2018. “Status Psikologis Ibu Dengan Persalinan Prematur.†Jurnal Keperawatan Vol 6.

Janiwarty, B. 2013. Pendidikan Psikologi Untuk Bidan. Yogyakarta: Rapha Publishing.

Jusri, Umboh. 2015. “Hubungan Antara Umur, Parietas Dan Pendampingan Suami Dengan Intensitas Nyeri Persalinan Kala I Fase Aktif Deselarasi Di Ruang Bersalin RSUD Prof. Dr. H. Aloei Saboe Kota Gorontalo.†JIKMU Vol 5.

Manuaba. 2010. Ilmu Kebidanan Penyakit Kandungan Dan KB. Jakarta: EGC.

Megawati, Reisy. 2019. “Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Ibu Menghadapi Persalinan.†Jurnal Kebidanan Kestra Vol 2.

Mezy, B. 2016. Manajemen Emosi Ibu Hamil.

Yogyakarta: Serambi Semesta.

Namirotu. 2018. “Parent"s Anxiety Towards Juvenile Deliquency Phenomenon in Bandung Indonesia.†NurseLine Journal Vol 3.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2013. Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rodiani, Analia. 2016. “Pengaruh Pemberian Terapi Musik Klasik Dalam Menurunkan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Menjelang Persalinan.†Majority Vol 5.

Trisetiyaningsih, Arista, Yuni. 2018. “Pengaruh Terapi Murottal Terhadap Perubahan Skor Kecemasan Ibu Bersalin Kala I Fase Laten.†Media Ilmu Kesehatan 7(1): 1–11.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v7i1.718

Article Metrics

Abstract views : 660| PDF views : 149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.