HUBUNGAN SIKAP MAHASISWA PRAKTIK KLINIK KEPERAWATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT (IGD) RSUD dr. ABDUL AZIZ SINGKAWANG TAHUN 2023

suci natasya firdia lala, suhariyanto suhariyanto, raju kapadia

Abstract


ABSTRACT

                The Emergency Department (IGD) is a hospital storefront that ensures patient satisfaction. Emergency service actions by providing fast and precise assistance for patient safety by requiring standards in accordance with the competence and ability of a person who can stabilize immediate treatment. From the results of the Community Satisfaction Survey (SKM) on patient satisfaction services at the Emergency Department of Dr. Abdul Aziz Hospital in 2021, the service quality value is 83.80% (good) of the respondents' results obtained. Medical Record Data shows that service visits in the Emergency Department in 2022 from January - September obtained a total of 8619 patients, with 6092 patients treated, 28 referred patients, 2183 recovered patients, 68 dead patients, 206 people for discharge patients at their own request,  For patients who died on the street as many as 42 people. Knowing the relationship between student attitudes and patient satisfaction levels. Type of quantitative research. using survey method  with cross sectional approach. The samples used were 50 samples of emergency department patients. at RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang. Data collection using questionnaire Journal of the Department of Nursing, Faculty of Medicine, Diponegoro University, Semarang in 2015, the name of  the Shieffield Peer Review Assessment (SPRAT) measuring instrument. Based on  the chi square test,  it is known that  the p value  is 0.020, where the value is smaller than the error rate (5%) (0.020<0.05). This shows that the attitude of nursing clinical practice students is related to the level of patient satisfaction at the Emergency Department of RSUD dr. Abdul Aziz. In this study the attitude of nursing clinical practice students can affect the level of patient satisfaction.

Keywords : Patient Satisfaction, Nursing Clinical Practice, IGD, Hospital

ABSTRAK

                Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan etalase rumah sakit yang menjamin kepuasan pasien. Tindakan pelayanan Gawat Darurat dengan memberikan pertolongan cepat dan tepat untuk keselamatan pasien dengan memerlukan standar sesuai dengan kompetensi dan kemampuan suatu yang bisa menstabilkan penanganan segera. Dari hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) terhadap pelayanan kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Abdul Aziz tahun 2021 yaitu dengan nilai mutu pelayanan adalah 83.80% (baik) dari hasil responden yang didapatkan. Data Rekam Medis menunjukkan kunjungan pelayanan di Instalasi Gawat Darurat pada tahun 2022 dari bulan Januari - September di dapatkan jumlah data total pasien sebanyak 8619 orang, dengan pasien di rawat sebanyak 6092 orang, pasien di rujuk sebanyak 28 orang, pasien sembuh sebanyak 2183 orang, untuk pasien meninggal sebanyak 68 orang, untuk pasien pulang atas permintaan sendiri sebanyak 206 orang, untuk pasien meninggal dijalan sebanyak 42 orang. Mengetahui hubungan sikap mahasiswa dengan tingkat kepuasan pasien. Jenis penelitian kuantitatif. menggunakan metode survey dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 50 sampel pasien instalasi gawat darurat. di RSUD dr. Abdul Aziz Singkawang. Pengambilan data menggunakan kuisioner Jurnal Jurusan Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Semarang Tahun 2015, Nama Alat Ukur Shieffield Peer Review Assessment (SPRAT). Berdasarkan uji chi square diketahui bahwa nilai p value sebesar 0,020, di mana nilai tersebut lebih kecil dari tingkat kesalahan (5%) (0,020<0,05). Hal ini menunjukkan bahwa sikap mahasiswa praktik klinik keperawatan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD dr. Abdul Aziz. Dalam penelitian ini sikap mahasiswa praktik klinik keperawatan dapat berpengaruh  dengan tingkat kepuasan pasien

Kata Kunci : Kepuasan Pasien, Praktik Klinik Keperawatan, IGD, Rumah Sakit


Full Text:

PDF

References


Amar, Z., Mita, & Ernawati. (2019). Pengalaman mahasiswa keperawatan universitas tanjungpura dalam pelaksanaan praktik klinik I. Persiapan Mahasiswa Praktik Klinik Keperawatan, 4(1), 1.

Andhika. (2020). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan dengan Kepuasan Pasien di Ruangan IGD RSUD Dr. Slamet Garut. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 006(02), 270–277. https://doi.org/10.21776/ub.jiap.2020.006.02.14

Ariawan, P. (2022). instalasi gawat darurat. 14(1), 94–110.

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Buhari, B., Widiawati, S., & Ellijayanti, A. (2020). Hubungan Peran Preceptor Dan Pengetahuan Mahasiswa Keperawatan Dengan Kecemasan Dalam Pembelajaran Praktik Klinik Di Rumah Sakit. Jurnal ’Aisyiyah Medika, 5(1). https://doi.org/10.36729/jam.v5i1.303

Hia, L. R., Ners, P. S., Tinggi, S., Kesehatan, I., & Elisabeth, S. (2020). Skripsi gambaran kepuasan pasien di ruangan igd rumah sakit santa elisabeth medan tahun 2020.

Hidayat. (2016). Metode Penelitian. Jenis dan Desain Penelitian Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu penelitian yang dilakukan terhadap sekumpulan objek yang bertujuan untuk melihat gambaran fenomena ( termasuk kesehatan ) yang terjadi di dalam suatu.

Kereh, H. F., & Rochmawati, E. (2022). Pengalaman belajar mahasiswa keperawatan dalam praktik klinik. Journal of Telenursing (JOTING), 4(1), 1–23.

Librianty, N. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Puskesmas Bandar Petalangan Pelalawan Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Dan Keperawatan, 1(2), 10–17. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/178

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Salemba Medika.

Ode Riske WijayIrmananti, A., & Paulus Pati Rangga, Y. (2021). pembentukan karakter mahasiswa keperawatan. Jurnal Health Sains, 2(6), 829–837. https://doi.org/10.46799/jhs.v2i6.175

Ortega, C. (2021). HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN (Vol. 3, Issue 2).

Permenkes. (2018). Standar Instalasi Gawat Darurat. עלון הנוטע, 66, 37–39. https://www.fairportlibrary.org/images/files/RenovationProject/Concept_cost_estimate_accepted_031914.pdf

Pira, P., Rahmawati, A., & Kholina. (2021). Jurnal Wacana Kesehatan Hubungan Response Time Perawat Dengan Pelayanan Gawat Darurat Di The Relationship Of Response Time To Services In The Emergency Installation Demang Sepulau Raya Hospital Central Lampung 2021 Fakultas Kesehatan Universitas Muhammadi. Jurnal Wacana Kesehatan, 6, 69–79.

Wahyuni, S. (2007). Analisis Kompetensi Kepala Ruang dalam Pelaksanaan Standar Manajemen Pelayanan Keperawatan dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Perawat dalam Mengimplementasikan Model Keperawatan Profesional. Standar Praktik Klinik Keperawatan, 112.

Wijayanti, D. R. (2017). kompetensi mahasiswa praktik klinik keperawatan gawat darurat. 1–11.




DOI: https://doi.org/10.30602/sjnr.v5i2.1346

Article Metrics

Abstract views : 45| PDF views : 3

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SCIENTIFIC JOURNAL OF NURSING RESARCH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

View My Stats