Efektifitas Strategi Komunikasi Program KB Terhadap Kepuasan Iklan Layanan Masyarakat

Rikhly Faradisy Mursyida

Abstract


Iklan layanan masyarakat adalah alat untuk menyampaikan pesan untuk menginformasikan dan mengedukasi masyarakat agar hidup masyarakat semakin sejahtera. Data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang KB tahun 2020 mencapai 74,50%, sedangkan pada tahun 2019  peserta KB  mencapai 70,2%, ada peningkatan dari pemakaian KB di Kabupaten Sampang namun lebih dari 80% peserta KB aktif memilih pil dan KB suntik sebagai alat kontrasepsi, mereka tidak mengetahui apa saja macam-macam KB. Penelitian ini bertujuan menganalisa hubungan efektifitas strategi komunikasi progam KBterhadap kepuasan iklan layanan masyarakat pada akseptor KBbaru diKecamatanSampang Kabupaten Sampang.Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan pendekatan cross sectional, populasinya semua akseptor KBbaru sejumlah 45 orang. Sampelnya sejumlah 41 responden yang pemilihannya dilakukan dengan cara simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer dengan memberikan koesioner, dianalisis menggunakan analisis statisticuji Chi-Squaredengan tingkat kemaknaan 0.05.Hasil penelitian menunjukkan bahwa, sebagian besar komunikasi efektif saat melahirkan yaitu 28 responden (68%), sebagian besar iklan layanan masyarakat puas yaitu 29 responden (75,6%), dengan hasil nilai p-value 0,822 > α (0,05).Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara efektifitas strategi komunikasi program KB terhadap kepuasan iklan layanan masyarakat. 

 


Keywords


Komunikasi; Program KB; Iklan Layanan Masyarakat; Akseptor KB

Full Text:

PDF

References


Ardianto. (2007). Komunikasi Program KB. EGC.

Astuti, E., & Ratifah. (2014). Deskriptif Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wanita Usia Subur (Wus) Tidak Menggunakan Alat Kontrasepsi. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 5(2), 99–108.

Baharu, M. R., Harismayanti, H., & Naue, A. K. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Peminatan Kontrasepsi Pil Dan Suntik Di Wilayah Kerja Puskesmas Global Tibawa. Akademika : Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 8(1), 54. https://doi.org/10.31314/akademika.v8i1.298

Dinkes Jawa Timur. (2020). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Timur Tahun 2019.

Dinkes Kabupaten Sampang. (2020). Profil Kesehatan Kabupaten Sampang Tahun 2019.

Habibov, N., & Zainiddinov, H. (2017). Effect of TV and radio family planning messages on the probability of modern contraception utilization in post-Soviet Central Asia. International Journal of Health Planning and Management, 32(1), e17–e38. https://doi.org/10.1002/hpm.2318

Herowati, D., & Sugiharto, M. (2019). Hubungan Antara Kemampuan Reproduksi, Kepemilikan Anak, Tempat Tinggal, Pendidikan Dan Status Bekerja Pada Wanita Sudah Menikah Dengan Pemakaian Kontrasepsi Hormonal Di Indonesia Tahun 2017. Buletin Penelitian Sistem Kesehatan, 22(2), 91–98. https://doi.org/10.22435/hsr.v22i2.1553

Irwansyah, Ekawati, R., & Ernungtyas, N. F. (2017). Efek Iklan Televisi Program Keluarga Berencana. Jurnal Komunikasi, 8(1), 12–24. https://journal.untar.ac.id/index.php/komunikasi/article/view/45/49

Kabir, H., Saha, N. C., Oliveras, E., & Gazi, R. (2013). Association of programmatic factors with low contraceptive prevalence rates in a rural area of Bangladesh. Reproductive Health, 10(1), 4–11. https://doi.org/10.1186/1742-4755-10-31

Kemenkes RI. (2020). Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2019.

Koba, M. T. E., Mado, F. G., & Kenjam, Y. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Akseptor Keluarga Berencana dan Peran Tenaga Kesehatan dengan Minat Penggunaan Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Media Kesehatan Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/10.35508/mkm.v1i1.1515

Kurniasih, D. E., Erwanto, K. R., Aquino, T., Amigo, E., & Arsyad, S. S. (2022). Determinan Pemakaian Alat Kontrasepsi Modern sebagai Strategi Dasar Pengembangan Strategi Promosi Kesehatan Address : Phone : 5(2), 569–581.

Ni, N. (2018). Kontrasepsi KB Suntik Di Puskesmas Gunung Samarinda Kota Balikpapan Tahun 2017. Midwifery, 3(2), 3–7.

Putri, N. R., Rahmawati Ike, & Sampurna Rizki Hegia. (2021). PENGARUH KOMUNIKASI PETUGAS LAPANGAN KB TERHADAP EFEKTIVITAS PROGRAM KB DI KOTA SUKABUMI Nata. Jurnal Ilmiah Ilmu Pemerintahan, 7(1), 162–178.

Rahman, A. (2019). Pengaruh Komunikasi Petugas Lapangan KB (PLKB) terhadap Partisipasi Pasangan Usia Subur dalam Penggunaan Alat Kontrasepsi di Desa Cigugur Kecamatan Cigugur Kabupaten Pangandaran. Jurnal MODERAT, 5(1), 131–142.

Rahmayani. (2016). Iklan Layanan Masyarakat. Salemba Medika.

Saskara, I. A. G. D., & Marhaeni, A. A. I. N. (2015). Pengaruh Faktor Sosial , Ekonomi, dan Demografi terhadap Penggunaan Kontrasepsi di Denpasar. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan, 8(2), 155–161.

Setyorini, R. H., Revika, E., Utami, R. W., Lapangan, P., Berencana, K., & Berencana, K. (2020). PROSES KOMUNIKASI INFORMASI EDUKASI PADA PROGRAM KELUARGA BERENCANA. Jurnal Ilmu Kebidanan, 8, 1–10.

Taufik, A. (2006). Iklan Layanan Masyarakat. PT. Rineka Cipta.

Wasiati, I. (2018). Komunikasi KB Terhadap Iklan Layanan Masyarakat. EGC.




DOI: https://doi.org/10.30602/jvk.v8i2.868

Article Metrics

Abstract views : 345| PDF views : 6

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Vokasi Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


JVK (JURNAL VOKASI KESEHATAN) INDEXED BY:

 

           

LICENSE JOURNAL:

Creative Commons License
Jurnal Vokasi Kesehatan (JVK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAPS: