PENENTUAN NILAI RUJUKAN HEMOGLOBIN PADA MASYARAKAT KALBAR

Hendra Budi Sungkawa, wahdaniah wahdaniah

Abstract


Nilai rujukan hasil pemeriksaan laboratorium biasanya berupa nilai rentang yang digunakan dokter untuk menginterprestasikan hasil dan mengambil keuntungan klinik yang menentukan tindak lanjut terhadap pasien. Nilai normal hemoglobin untuk seseorang sukar ditentukan dikarenakan setiap suku bangsa memiliki kadar hemoglobin yang bervariasi. Namun kadar hemoglobin telah ditetapkan oleh WHO berdasarkan umur dan jenis kelamin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kadar hemoglobin masyarakat di wilayah Kalimantan Barat berdasarkan kelompok umur dan jenis kelamin. Tujuan khusus yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah menetapkan nilai rentang normal hasil pemeriksaan hemoglobin di Kalimantan Barat.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasional analitik yang bersifat potong lintang (Cross Sectional). Pemeriksaan kadar hemoglobin dilakukan menggunakan Hematology Analyzer sebanyak 1456 sampel dari 6 kabupaten / kota di Kalimantan Barat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil penelitian dengan rujukan WHO  dengan nilai p < 0,005. Ditetapkan kadar hemoglobin pada masyarakat Kalimantan Barat untuk kategori umur 6 bulan – 6 tahun yaitu 9,4 g/dl – 13,64 g/dl, 6 tahun – 14 tahun yaitu 9,92 g/dl – 14,79 g/dl, dewasa laki-laki yaitu 12,15 g/dl – 17,20 g/dl dan dewasa perempuan yaitu 9,97 g/dl – 15,00 g/dl

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30602/jvk.v6i1.441

Article Metrics

Abstract views : 122| PDF views : 13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Vokasi Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


JVK (JURNAL VOKASI KESEHATAN) INDEXED BY:

 

           

LICENSE JOURNAL:

Creative Commons License
Jurnal Vokasi Kesehatan (JVK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAPS: