HASIL PEMERIKSAAN BILIRUBIN TOTAL PADA SAMPEL SERUM DAN PLASMA EDTA (Ethylene Diamine Tetraacetic Acid)

Edy Suwandi, Herlinda Djohan

Abstract


Pemeriksaan bilirubin total merupakan salah satu pemeriksaan kimia klinik yang membutuhkan penanganan spesimen yang baik. Faktor yang dapat mempengaruhi hasil pemeriksaan adalah cahaya, suhu penyimpanan dan waktu penyimpanan. Oleh karena itu pemeriksaan harus segera dilakukan. Pemeriksaan bilirubin total yang menggunakan sampel plasma EDTA, dapat dengan segera dikerjakan, dibandingkan dengan menggunakan sampel serum, sampel dibekukan terlebih dahulu selama 30 menit dan selanjutnya dapat diperiksa sehingga sampel mudah terpapar cahaya yang dapat mempengaruhi kadar bilirubin total.

Tujuan dari penelitian in adalah untuk mengetahui dan menganalisis hail pemeriksaan bilirubin total menggunakan sampel sarum dan plasma EDTA. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu Sample Random Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa/I Prodi D IV tingkat 3 Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Pontianak sebanyak 42 responden. Pemeriksaan  kadar bilirubin total diperiksa menggunakan metode Jendrassik-Grof. EDTA.

 Dari hasil tersebut data yang diperoleh kemudian dianalisis secara statistik menggunakan uji Paired Samples t-Test, didapatkan nilai Sig. (2- tailed), yaitu sebesar 0,061 (p > 0,05) pada tingkat kepercayaan 95% sehingga Ha ditolak dan Ho diterima yang berarti tidak terdapat perbedaan hasil pemeriksaan bilirubin total yang menggunakan sampel serum dan plasma EDTA.


Keywords


Serum, Plasma EDTA, Bilirubin Total, Jendrassik-Grof

Full Text:

PDF

References


Keputusan Menteri Kesehatan RI. 2011. Pedoman Pemeriksaan Kimia Klimk, Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia

Notoatmojo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta

Riyono. 2007. Pengendalian Mutu Laboratorium Kimia Klinik Dilihat Dari Aspek Mutu Hasil Analisis Laboratorium. Surakarta: Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan

Sacher, Ronald A dan Richard A.McPherson. 2004. Tinjauan Klinik Hasil Pemeriksaan Laboratorium, edisi 11. (Ahli Bahasa: Brahm U). Jakarta: EGC

Sadikin, M. 2001. Biokimia Darah. Jakarta: Widya Medika

Seswoyo. 2016. Pengaruh Cahaya Terhadap Kadar bilirubin Total Serum Segera dan Serum Simpan Pada Suhu 20-25°C Selama 24 Jam. Skripsi. Semarang:

Universitas Muhammadiyah Semarang

Wirawan, Riadi. 2002. Pemantapan Kualitas Uji Hematologi. Jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia




DOI: https://doi.org/10.30602/jlk.v5i2.1017

Article Metrics

Abstract views : 2003| PDF views : 304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Laboratorium Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.