TINGKAT KESEHATAN MAHASISWA BIOLOGI UIN WALISONGO SEMARANG TAHUN 2022

Difa Dhiyaul Auliyah, Nafi'ah Nurul Aini, Ahmad Fauzan Hidayatullah, Bunga Ihda Norra

Abstract


Permasalahan kesehatan dapat terjadi akibat pegaruh manajemen aktivitas sehari-hari yang kurang baik, hal ini seperti kegiatan sarapan yang tidak teratur, jam istirahat yang kurang, serta kegiatan fisik yang kurang. Selain itu, kondisi mental yang tidak baik juga mampu menjadi pengaruh permasalah kesehatan pada manusia khususnya mahasiswa. Masalah-masalah kesehatan yang banyak dialami mahasiswa antara lain letih lesu, stress ataupun depresi. Apabila hal ini berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama, maka akan mengganggu proses pendidikan yang menjadi tidak optimal hingga mengancam kegagalan proses pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian  mix method yang mengkombinasikan metode kuantitatif dengan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui profil status kesehatan mahasiswa biologi pada jurusan pendidikan biologi dan biologi murni di Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang melalui parameter akibat management aktivitas sehari-hari, akibat kondisi tekanan tugas perkuliahan dan organisasi, dan pengaruh kegiatan refreshing atau berlibur. Subjek penelitian adalah mahasiswa yang menempuh pendidikan S1 jurusan pendidikan biologi dan biologi murni angkatan 2020 dan 2021 di UIN Walisongo Semarang. Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 96, 83%  responden memiliki status kesehatan dengan kategori yang tinggi dan 3,17% pada status kesehatan kategori rendah. Kesimpulannya rata-rata status kesehatan mahasiswa biolohi adalah baik

Keywords


Status, kesehatan, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agusti, W. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Sikap Sosial Siswa Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(5).

Aziz, R., Mangestuti, R., Sholichatun, Y., Rahayu, I. T., Purwaningtyas, E. K., & Wahyuni, E. N. (2022). Model Pengukuran Kesehatan Mental pada Mahasiswa di Perguruan Tinggi Islam. Journal of Islamic and Contemporary Psychology (JICOP), 1(2), 83–94. https://doi.org/10.25299/jicop.v1i2.8251

Deliviana, E., Maria Helena Erni, Putri Melina Hilery, & Novi Melly Naomi. (2021). Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan dan Konseling serta Psikologi Pendidikan. Jurnal Selaras : Kajian Bimbingan Dan Konseling Serta Psikologi Pendidikan, 3(2), 129–138.

Grotan, K., Sund, E. R., & Bjerkeset, O. (2019). Mental health, academic self-efficacy and study progress among college students - The SHoT study, Norway. Frontiers in Psychology, 10(JAN), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00045

Hariyanti, D., Mun’im, A. H., & Hidayat, N. (2020). Identifikasi Hambatan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Pembelajaran Biologi Secara Daring Selama Pandemi Covid-19 di Kabupaten Jember. ALVEOLI: Jurnal Pendidikan Biologi, 1(1), 11–21. https://doi.org/10.35719/alveoli.v1i1.4

Jannah, R., & Santoso, H. (2021). Tingkat Stres Mahasiswa Mengikuti Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 130–146. https://doi.org/10.22373/jrpm.v1i1.638

Juwinta, C. P. (2021). Modul konsep sehat dan sakit. Biologi Dan Ilmu Lingkungan, 9–10.

Madani, A., Prasetyowati, I., & Kinanthi, C. A. (2022). Hubungan Karakteristik Mahasiswa dengan Kesehatan Mental Mahasiswa Selama Kuliah Daring. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 18(2), 72–81. https://doi.org/10.19184/ikesma.v18i1.25679

Rahmawati, W., & Retnaningrum, D. N. (2022). Kecerdasan Emosional dan Efikasi Diri Mempengaruhi Stres Kerja Pada Tenaga Kesehatan. Jurnal Vokasi Kesehatan, 8(2), 101–107.

Sandra, R. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2002), 80–85.

Siraj, H. H., Salam, A., Roslan, R., Hasan, N. A., Jin, T. H., & Othman, M. N. (2014). Sleep pattern and academic performance of undergraduate medical students at universiti Kebangsaan Malaysia. Journal of Applied Pharmaceutical Science, 4(12), 052–055. https://doi.org/10.7324/JAPS.2014.41209




DOI: https://doi.org/10.30602/jvk.v10i1.1119

Article Metrics

Abstract views : 109| PDF views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Vokasi Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


JVK (JURNAL VOKASI KESEHATAN) INDEXED BY:

 

           

LICENSE JOURNAL:

Creative Commons License
Jurnal Vokasi Kesehatan (JVK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAPS: