FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KELENGKAPAN IMUNISASI DASAR DI DESA PERDAMAIAN KECAMATAN KOTA KUALA SIMPANG KABUPATEN ACEH TAMIANG

Afrida Ristia, Nurrasyidah -, Tri Widyastuti

Abstract


Imunisasi merupakan upaya pencegahan primer yang sangat efektif untuk menghindari terjangkitnya penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) untuk meningkatkan kualitas hidup. Kementerian Kesehatan manargetkan cakupan imunisasi dasar diseluruh desa/keluharan mencapai 100%. Universal Child Immunization (UCI) 90% dari seluruh bayi di desa/keluharan tersebut memperoleh imunisasi dasar lengkap yang terdiri dari BCG, Hepatitis-B, DPT, Polio dan Campak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kelengkapan imunisasi dasar di Desa Perdamaian Kecamatan Kota Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Desain penelitian ini adalah analytic yang bersifat cross sectional terhadap seluruh ibu yang memiliki balita di Desa Perdamaian Kecamatan Kota Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang sebanyak 57 orang secara total sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan pendidikan ibu dengan kelengkapan imunisasi dasar pada balita dengan p-value 0,104, ada hubungan informasi dan dukungan keluarga dengan kelengkapan imunisasi dasar pada balita p-value 0,003 dan p-value 0,047. Kegiatan yang menunjang pengetahuan ibu terhadap imunisasi pada anak dapat dilakukan dengan cara memasang spanduk, poster dan pamflet mengenai pemberian imunisasi dasar

Full Text:

PDF

References


Fida & Maya, (2013). Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. Jogjakarta ; D-Medika.

Harmoko. (2012). Asuhan Keperawatan Keluarga. Jakarta : Pustaka Pelajar

Hastuti. (2014). Asuhan Keperawatan Pada Anak, Edisi 1. Yogyakarta : Graha Ilmu

Hidayat . A.A, (2016). Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisa Data. Jakarta : Salemba Medika.

Hijriani (2015). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar. Jurnal Keperawatan (e-Kp) Volume 3, Nomor 2. http//www//journal_stikes.com.

Husnida. (2019). Hubungan antara Dukungan Keluarga dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Rangkasbitung Desa Cijoro Lebak. Medikes (Media Informasi Kesehatan),Volume 6, Nomor 2, November 2019.

Kemenkes RI. (2018). Informasi Dasar Imunisasi Rutin Serta Kesehatan Ibu Dan Anak bagi Kader, Petugas Lapangan Dan Organisasi Kemasyarakatan. Jakarta.

Kemenkes RI (2016). Rencana Strategis Nasional Making Pregnancy Safer Di Indonesia. Jakarta.

Manggiasih. (2017). Buku Ajar Asuhan Kebidanan Pada Neonatus, Bayi, Balita dan Anak Pra Sekolah. Jakarta Trans Info Media.

Muslihatun (2017). Asuhan Neonatus Bayi dan Balita. Yogyakarta : Fitramaya.

Notoatmodjo. (2012). Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. PT RINIKA CIPTA. Jakarta.

Notoatmodjo. (2010). Metodelogi Penelitian Kesehatan. Edisi Revisi, Jakarta. Rineka Cipta.

Rahmawati (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kelengkapan Imunisasi Dasar di Kelurahan Krembangan Utara. Jurnal Berkala Epidemiologi. Volume 2 Nomor 1. http//www//repository.usu.co.id.

Rini. (2015). Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Anak Usia 1 – 5 tahun. Sari Pediatri ;11(1)

Riskesdas. (2018). Laporan Nasional Riskesdas 2018. Hhtp://litbag.depkes.go.id/

Rukiyah, (2016). Asuhan Neonatus, Bayi dan Balita. Jakarta ; Trans Info Media.

Rusimah. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan dengan kelengkapan Imunisasi Dasar di Puskesmas Wolaang Kecamatan Langowan Timur. Jurnal Keperawatan (e-Kp) Volume 3, Nomor 2. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/5223

Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung : R & B.

Tami. (2018). Hubungan Tingkat Pengeta ¬ huan Ibu Tentang Imunisasi Polio Dengan Status Kelengkapan Imunisasi Polio Di ¬ wilayah Kerja Puskesmas Tanon I Sragen. Gaster. 2018;Volume 9 (2):33 -45.

Triana (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Pada Bayi. http://jurnal.fkm.unand.ac.id /index.php/jkma/ article/view /196/182.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v8i1.952

Article Metrics

Abstract views : 254| PDF views : 42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.