ANALISIS FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUASAN PELAYANAN KIA PADA IBU HAMIL DI PUSKESMAS PELABUHAN SAMBAS KOTA SIBOLGA

Neni Sumanti, Nuraini Nuraini, Tri Niswati Utami, Ismail Effendy, Asriwati Asriwati

Abstract


Latar Belakang:Kesehatan ibu dan anak (KIA) merupakan salah satu program prioritas dalam pelayanan KIA masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Penyebab langsung AKI yaitu hipertensi pada kehamilan (33,1%), perdarahan obstetri (27,03%), komplikasi non-obstetri(15,7%), dan komplikasi obstetri (12,04%). AKI dapat dicegah jika kualitas layanan sesuai dengan kebutuhan pasien dan pasien puas dengan layanan yang diberikan.Tujuan: Untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pelayanan KIA pada ibu hamil di Puskesmas Pelabuhan Sambas di Kota SibolgaMetode:Desain penelitianadalah surveyanalitikdengan cross sectional study. Populasi dalam penelitian adalah semua wanita hamil, berjumlah 607 orang. Sampel menggunakan rumus slovin yaitu sebanyak 86 ibu. Data yang digunakan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data menggunakan univariat, bivariat dan multivariat menggunakan uji regresi binary.Hasil: Diperoleh dengan menggunakan chi square, ada pengaruh disiplin petugas, kemampuan petugas, kecepatan pelayanan, kepastian jadwal, persepsi mutu dengan kepuasan pasien KIA dengan p<0,05 dan tidak ada pengaruh kenyamanan lingkungan, prosedur pelayanan terhadap kepuasan KIA dengan p>0,05,  dan faktor yang paling dominan yaitu persepsi kualitas. Kesimpulan: Adanya Faktor yang memengaruhi kepuasan pelayanan pada ibu hamil di Puskesmas Pelabuhan Sambas Kota Sibolga. Diharapkan tenaga kesehatan di Puskesmas Pelabuhan Sambas meningkatkan kualitas pelayanan KIA sehingga dapat meningkatkan kepuasan pasien

Full Text:

PDF

References


Agritubella, S. M. (2018). Kenyamanan dan kepuasan pasien dalam proses interaksi pelayanan Keperawatan di RSUD Petala Bumi. Jurnal Endurance: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(1), 42–54. http://ejournal.lldikti10.id/index.php/endurance/article/view/2040

Apriani, D., Kusumaningrum, T., & Prasetyo, B. (n.d.). Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Menggunakan Layanan Anc Factors Relating To The Level Of Pregnant Women’s Satisfaction Using Anc Service. Indonesian Midwifery and Health Sciences Journal, 4 (3), 254-263. https://e-journal.unair.ac.id/IMHSJ/article/view/30729

Asgar, R. (2022). Faktor Yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan Ibu Dan Anak (Kia) Di Puskesmas Lasusua Kab Kolaka Utara= Factors That Affect The Quality Of Maternal And Child Health Servis (Kia) At The Lasusua Public Health Center North Kolaka Regency. Repository Universitas Hasanuddin.https://repository.unhas.ac.id/id/eprint/16158/#

Auliah M, A. M. (2021). Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (Studi Kasus Pelayanan Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Sinjai). Universitas Negeri Makassar. Repository Universitas Negeri Makasar. http://eprints.unm.ac.id/19545/

Bintang, M., Purba, I. E., Purba, A., Ketaren, O., & Sembiring, R. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Kebidanan Di Puskesmas Martubung. Prepotif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(3), 2321–2333. PREPOTIF Jurnal Kesehatan Masyarakat. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/prepotif/article/view/7099

Cahyani, N. Y. (2019). Pengaruh Service Quality Terhadap Kepuasan Pasien Pada Upt Puskesmas Panceng. Universitas Muhammadiyah Gresik. Repository Universitas Muhammadiyah Gresik. http://eprints.umg.ac.id/942/

Calundu, R. (2018). Manajemen Kesehatan (Vol. 1). Sah Media.

Darmareja, R., Sihombing, R. M., Mukhoirotin, M., Haro, M., Sari, T. H., Rantung, J., Wulandari, I. S. M., Suwarto, T., & Hutapea, A. D. (2021). Dasar-Dasar Keperawatan: Konsep untuk Mahasiswa Keperawatan. Yayasan Kita Menulis.

Elba, F., & Syifa, G. N. (2020). Hubungan Tingkat Kepuasan Ibu Hamil Dengan Pemeriksaan Kehamilan Di Puskesmas Jatinangor. Jurnal Sehat Masada, 14(2), 98–106. http://ejurnal.stikesdhb.ac.id/index.php/Jsm/article/view/130

Eristiani, F. Y., & Rengga, A. (2020). Kualitas Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan Ibu Hamil di Puskesmas Tlogosari Kulon Kota Semarang/61/ADM. PUBLIK/2020. Faculty of Social and Political Science.

Harahap, H. P., Sikumbang, S. R., & Manalu, F. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Kebidanan terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Nifas di RSU Mitra Sejati Medan. Jurnal Kesehatan Global, 3(3), 130–139. http://ejournal.helvetia.ac.id/index.php/jkg/article/view/4718

Hardiyansyah, H. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Gava Media.

Hidayat Azis, A. (2017). Metode Penelitian Kebidanan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Humairah, N. F. (2022). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dusun Tertinggal di Wilayah Kerja Puskesmas Tipo Kota Palu= Analysis Factors Influencing Utilization Of Health Services By Disadvantaged Hamlets Community In The Work Area Of Tip. Universitas Hasanuddin.

Iryadi, R. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Bidan Terhadap Kepuasan Pasien KIA di Puskesmas Pangenan Kabupaten Cirebon. Jurnal Cahaya Mandalika, 1(3), 60–65. https://ojs.cahayamandalika.com/index.php/jcm/article/view/189

KEMENKES. (2021). Ikhtisar Mingguan Covid-19. September, 1–21.

Kurniasari, L. (2017). Buku KIA dan pemanfaatan untuk peningkatan kesehatan ibu dan anak. KESMAS UWIGAMA: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 9–18. https://journal.uwgm.ac.id/KESMAS/article/view/329

Mahmudah, G. D. R., Sofia, L., & Dwivayani, K. D. (2022). Komunikasi Terapeutik Tenaga Kesehatan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Jurnal Ilmu Komunikasi Goes Mobile, 10 (4), 40-54. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=4630

Napitupulu, T. F., Rahmiati, L., Saraswati, D., Susanti, A. I., & Setiawati, E. P. (2018). Gambaran Pemanfaatan Buku KIA dan Pengetahuan Ibu Hamil Mengenai Tanda Bahaya Kehamilan. JKesV: Jurnal Kesehatan Vokasional 3(1), 17–22. https://journal.ugm.ac.id/jkesvo/article/view/33900

Novaryatiin, S., Ardhany, S. D., & Aliyah, S. (2018). Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Kefarmasian di RSUD Dr. Murjani Sampit. In Borneo Journal of Pharmacy (Vol. 1). https://journal.umpr.ac.id/index.php/bjop/article/view/239

Pasinringi, S. A., Rivai, F., & KM, S. (2022). Budaya Keselamatan Pasien dan Kepuasan Kerja. Nas Media Pustaka.

Putri, A. D. H. P. (n.d.). Analysis of the Need for General Practitioner and Nurse Personnel Using Workload Indicator Staffing Need (WISN) Method at General Polyclinic.

Rahmayani, R., Rosita, S., ZA, R. N., & Husna, M. (2022). Tinjauan Aksesibilitas Masyarakat Terhadap Pelayanan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) di Puskesmas Lampupok Kabupaten Aceh Besar. Journal Of Healthcare Technology And Medicine, 8(2), 773–780. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/2324

Rijal, F., Siridangnga, H. M., & Sari, N. N. (2019). Pengaruh Etika dan Kinerja Tenaga Kesehatan terhadap Pemberian Pelayanan Kesehatan Pasien di Puskesmas Madising Na Mario Kota Parepare. Jurnal Ilmiah Manusia Dan Kesehatan, 2(1), 12–25. http://jurnal.umpar.ac.id/index.php/makes/article/view/119

Setyawanto, D. (2017). Uji Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: DIVA Press.

Shubhan, M. H., Kagramanto, L. B., & Santoso, U. (2018). Rancangan Model Optimalisasi Puskesmas Sebagai Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Untuk Meningkatkan Pelayanan Kesehatan Pescrta BPJS. Repository Universitas Airlangga. https://repository.unair.ac.id/114938/

Sofyana, C. R., Harahap, J., & Zein, U. (2020). Analisis Kualitatif Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Gigi di Poli Klinik Gigi Dan Mulut Di RSUD Tgk Chik Ditiro Sigli. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1221–1235. https://jurnal.uui.ac.id/index.php/JHTM/article/view/1175

Sulaiman, E. S. (2021). Pemberdayaan Masyarakat di Bidang Kesehatan: Teori dan Implementasi . UGM PRESS.

Utara, D. P. S. (2021). Profil Dinas Kesehatan Sumatera Utara. 1, 35.

Utari, K. T. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Menghadapi Persalinan Di Masa Pandemi Covid-19 Di Wilayah Puskesmas Tampaksiring 1 Tahun 2021. Repository Poltekkes Kemenkes Denpasar. http://repository.poltekkes-denpasar.ac.id/7653/

Yanti, E. M., & Fatmasari, B. D. (2023). Buku Psikologi Kehamilan, Persalinan, dan Nifas. Penerbit NEM.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v10i2.1316

Article Metrics

Abstract views : 1| PDF views : 1

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.