PENGARUH PEMBERIAN JUS BAYAM MERAH TERHADAP PENINGKATAN HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL

Maya Sari, Ayu Irmayana Siregar

Abstract


Latar Belakang : Berdasarkan data Riskesdes tahun 2013, kasus anemia pada ibu hamil sebesar 37,1%. Pemerintah telah melaksanakan program pengendalian anemia pada ibu hamil dengan pemberian minimal 90 tablet Fe selama kehamilan, namun angka kejadian anemia masih tinggi. Selain mengkonsumsi tablet Fe, ibu hamil juga dapat mengkonsumsi bahan makanan lain seperti sayuran yang banyak kandungan Fe seperti bayam merah.  Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian jus bayam merah terhadap peningkatan hemoglobin pada ibu hamil. Metode : penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 16 responden. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar pengamatan terhadap hasil pemeriksaan hemoglobin. Hasil : Rata-rata hemoglobin ibu hamil sebelum diberikan intervensi pemberian jus bayam merah adalah 10,36 gr/dl, selanjutnya diberikan intervensi pemberian jus bayam merah selama 2 minggu berturut-turut. Kemudian dilakukan pemeriksaan kembali hemoglobin ibu hamil dan di dapat hasil rata-rata 11,63 gr/dl. Hal menunjukkan bahwa rata-rata kenaikan kadar hemoglobin pre-test ke post-test atau delta mean sebesar 1,2750 gr/dl dan p-value sebesar 0.001<0,05. Hal ini dinyatakan adanya pengaruh pemberian jus bayam merah terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil yang mengalami anemia. Kesimpulan: Adanya pengaruh pemberian jus bayam merah terhadap peningkatan kadar hemoglobin pada ibu hamil yang mengalami anemia


Full Text:

PDF

References


Adelia, F. (2013). Pengaruh penambahan unsur terhadap pertumbuhan dan hasil bayam merah dengan sistem hidroponik rakit apung. Produksi tanaman, 1 (3):48-58.

Notoatmodjo. (2018). Metode penelitian kesehatan cetakan ketiga. Jakarta: PT.Rineka cipta.

Prawihardjo, S. (2017). ilmu kebidanan. Jakarta: Yayasan bina sarwono prawihardjo.

Putri, Y. (2020). Asuhan perawatan maternitas pada kasus komplikasi kehamilan,persalinan, dan nifas. Yogyakarta: CV. pena persada.

Purnawijayanti. (2016). partologi kebidanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Rahmi, N. (2020). Analisis faktor anemia pada ibu hamil di wilayah kerja puskesmas baitussalam kabupaten aceh besar. journal of health care technology and medicine, 1250-1264.

Saifuddin. (2015). Buku pegangan panduan lengkap kehamilan. Jakarta: Pt. Bina pustaka.

Sugiarto. (2015). Gizi seimbang dalam kesehatan reproduksi. Bandung: Alfabetta.

Sugiyono. (2018). Metode penelitian kesehatan cetakan ketika. Bandung : Alfabetta

WHO. (2016). Antenatal care for A Positive pregnancy experience. World Health Organization.

Widatiningsih, S. (2017). Prakik terbaik asuhan kehamilan. Yogyakarta: Transmedika.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v9i1.1142

Article Metrics

Abstract views : 317| PDF views : 67

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebidanan Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.