Karakteristik Fisik Lokasi Yang Disukai Kecoa Pada Kapal Di Pelabuhan Dwikora Pontianak

Nelly Verawati, Hajimi Hajimi

Abstract


Abstrak. Karakteristik Fisik Lokasi Yang Disukai Kecoa Pada Kapal Di Pelabuhan Dwikora Pontianak. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui karakteristik fisik lokasi yang disukai kecoa yang meliputi suhu, kelembaban, pencahayaan dan penanganan sampah  pada kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak Kalimantan Barat. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan desain deskriptif. Jumlah sampel adalah 67 sampel. Analisis data dengan univariat pada indestifikasi kecoa dan karekteristik lokasi fisik yang disukai kecoak yaitu meliputi suhu, kelembaban, pencahayaan dan penanganan sampah pada kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Spesies atau jenis kecoa yang ditemukan pada kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak adalah Blatta orientalis, Periplaneta americana, dan Periplaneta brunnea. Lokasi-lokasi yang disukai kecoa pada kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak adalah dapur, pantry, kamar ABK, kamar penumpang, gudang, dan kamar mandi / WC. Suhu >28oc ditemukan terbanyak pada kapal layar motor (100%). Kelembaban >60%RH terbanyak ditemukan pada kapal layar motor (66.7%). Pencahayaan ≤100 lux terbanyak ditemukan pada kapal layar motor (66.7%), Upaya penanganan sampah dalam kapal di Pelabuhan Dwikora Pontianak adalah Sebagian besar kapal yang diobservasi memiliki tempat sampah yang tidak memenuhi syarat kesehatan dan tidak melakukan pemisahan antara sampah basah dan sampah kering.

Abstract. Physical Characteristics of Cockroach Preferredon Ship Dwikora Pontianak Port. This study aims to determine the physical characteristics of the preferred location for cockroaches which include temperature, humidity, lighting and waste on the ship in the port of Dwikora Pontianak in West Kalimantan. This type of research is observational descriptive design. The number of samples is 67 samples. Data were analyzed by univariate at indestifikasi cockroach and the physical location of the preferred characteristics of cockroaches which include temperature, humidity, lighting and waste on the ship in the port of Dwikora Pontianak. The results showed that the species or types of cockroaches were found on the ship at the Port of Pontianak Dwikora is blatta orientalis, Periplaneta americana, and Periplaneta brunnea. Preferred locations cockroach on the ship in the port of Dwikora Pontianak is a kitchen, pantry, room crew, passenger room, warehouse, and a bathroom/WC. Temperature > 28oC are found most on the motor sailing boat (100%). Humidity > 60% RH mostly in the sailing boat motors (66.7%). ≤100 lux illumination mostly in the sailing boat motors (66.7%), waste management efforts in the ship at the Port of Pontianak Dwikora is most aboard were observed to have bins that do not meet health requirements and does not perform the separation between wet waste and dry waste.


Keywords


suhu; kelembaban; pencahayaan; penanganan sampah; kecoa; kapal

Full Text:

PDF

References


DR Suiterdan PG Koehler. (1991), Departemen Entomologi dan Nematology, Jasa Cooperative Extension, Institut Ilmu Pangan dan Pertanian, Universitas Florida, Gainesville FL 32611.

Departemen kesehatan R.I. 1996. Peraturan Kesehatan International. 26. Jakarta

Direktorat Jenderal Pemberantasan Penyakit Menular Dan Penyehatan Lingkungan. 2003. Pedoman Pengendalian Vektor Di Angkutan Umum. Departemen Kesehatan R.I. Jakarta. diakses pada tanggal 21 Desember 2012

Ditjen PPM& PLP.

________. 2002 Buku Pedoman KKP 4; 156 ) Jakarta . Sub Dit

Kesehatan Pelabuhan

_______. 2007. Pedoman teknis pengendalian risiko kesehatan lingkungan di pelabuhan /Bandara pos lintas batas darat dalam rangka karantina kesehatan. 1.Jakarta: Ditjen PP dan PL

Kepmenkes 1405/Menkes/XI/2002 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Kerja Perkantoran dan Industri.

Kantor Kesehatan pelabuhan 2011. Laporan tahunan . Pontianak

Modul Sanitasi Rumah Sakit, 1990. Sekolah Pembantu Penilik Higiene Pontianak

Saepudin Malik, 2011. Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat 1; 89 Jak-Tim Trans Info Media.

Universitas Muhammadiyah Pontianak 2009 Modul praktikum Biostatistik. 26. Pontianak .Fakultas Ilmu Kesehatan

Upik Kesumawati Hadi, Laboratorium Entomologi Fakultas Kedokteran Hewan, IPB Bogor


Article Metrics

Abstract views : 612| PDF views : 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sanitarian Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SANITARIAN JURNAL KESEHATAN INDEXED BY:

  

LICENSE JOURNAL:

Lisensi Creative Commons

Sanitarian Jurnal Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR STAT:

Sanitarian Jurnal Kesehatan