Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian ISPA Pada Pekerja Penyapu Jalan Di Kota Pontianak

Nurul Safitri, Aryanto Purnomo, Sunarsieh Sunarsieh

Abstract


Abstrak. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Ispa pada Pekerja Penyapu Jalan Di Kota Pontianak. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian ISPA pada petugas penyapu jalan di Kota Pontianak. Metodologi penelitian ini menggunakan desain Observasional dengan cara pendekatan Cross sectional. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Analisis data dilakukan secara Univariat dan Bivariat dengan uji chi-square dengan asymtop signifikansi kurang atau sama dengan 5% atau 0,05 (p ≤ 0,05). Hasil penelitian ini diperoleh variabel yang berhubungan dengan kejadian penyakit ISPA adalah Penggunaan Alat Pelindung Diri (p value 0,023). Sedangkan Umur (p value 0,535), Kebiasaan Merokok (p value 0,888), dan Masa Kerja (p value 0,149) tidak memiliki hubungan dengan Kejadian ISPA. Pengawasan kesehatan lingkungan dan pekerja, dan pemeriksaan kesehatan pekerja secara berkala, serta penyuluhan dapat dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran semua pihak akan dampak yang ditimbulkan oleh aktivitas bekerja sebagai penyapu jalan.

Abstract. The Factors Related with Acute Respiratory Infection (ARI) Incedence Among Street Sweeper at Pontianak City. This research was aimed to analyze the factors related to the ARI incidence among street sweeper in Pontianak. This research was observational research design with cross sectional approach. The sampling technique were used simple random sampling. Univariat and bivariate data analyzed by using chi square with asymtop significance less than or equal to 5% or 0.05 (p ≤ 0,05). Result of the research showed that Personal Protective Equipment (p=0,023) associated significant with ARI.  Age (p = 0.535), smoking habit (p = 0.888) associated significantly with ARI. While age (p = 0,535), smoking habit (p = 0,888), and work period (p=0,149) has no relationship with ARI incidence. Environmental and workers' health surveillance, and routine medical check up for worker, also counseling can be applied to increase all stakeholder knowledge and awareness with the impact of street sweeper activities.


Keywords


APD; merokok; umur; masa kerja; ISPA

Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI, 2005. Infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). DepKes: Jakarta

Dinas Kesehatan, 2013. Upaya pemeliharaan kesehatan masyarakat. Dalam (http://dinkes.indramayukab.go.id/artikel/10-upaya-kesehatan.html)

Effendi, Hasyim, Yasir Y. 1980. Fisiologi pernapasan dan patofisiologinya. Yayasan Alumni. Bandung.

Kemenkes, 2010. Mengenal Beberapa Penyakit di Daerah Perkotaan. Kemeskes : Jakarta.

Srikandi Fardiaz, 1992. Polusi Air, Udara (Hense HW Et Al). Kanisius, Yogyakarta.

WHO. (2008). Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang cenderung menjadi Epidemi dan Pandemi. Dalam (http://www.who.int/csr/recources/publication).


Article Metrics

Abstract views : 583| PDF views : 0

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Sanitarian Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SANITARIAN JURNAL KESEHATAN INDEXED BY:

  

LICENSE JOURNAL:

Lisensi Creative Commons

Sanitarian Jurnal Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR STAT:

Sanitarian Jurnal Kesehatan