Pengembangan Video Interaktif Untuk Meningkatkan Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun

Pahrur Razi, Ervon Veriza, Linda Linda

Abstract


Masalah tingginya penyakit infeksi perlu edukasi kesehatan yang intensif dengan inovasi penggunaan IT untuk meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama cuci tangan pakai sabun seperti melalui video interaktif edukasi kesehatan pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video interaktif edukasi kesehatan untuk meningkatkan perilaku mencuci tangan pakai sabun dan menguji efektivitas produk berupa video interaktif edukasi kesehatan tersebut. Penelitian ini merupakan mixed method dengan diawali dengan metode desain dan pengembangan video interaktif edukasi kesehatan menggunakan teknik Analysis, Development, Design, Implementation dan Evaluation (ADDIE) dan kemudian dengan desain quasi eksperimen dengan One Group Pretest Postest Design yaitu untuk mengukur pengaruh (efek) dari suatu intervensi yang dilakukan terhadap subyek penelitian. Pengumpulan data dari data primer yang diperoleh dari kuesioner dan format observasi. Penelitian ini akan dilakukan pada bulan Mei-Oktober 2021 dengan jumlah partisipan sebanyak 40 orang. Hasil validasi video interaktif 88,8% layak dipakai untuk promosi kesehatan pada anak sekolah dan rata-rata peningkatan keterampilan mencuci tangan 2,04 dengan nilai p-value 0,0001 berarti ada perbedaan mencuci tangan pakai sabun sebelum dan sesudah promosi kesehatan menggunakan video interaktif. Disarankan tenaga kesehatan dalam melaksanakan upaya promotif kesehatan menggunakan video intraktif.


Keywords


Pengetahuan; CTPS; Video Interaktif

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, S. W., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636

Antari, I., Riandani, S. D., & Siwi, I. N. (2020). Efektivitas Penggunaan Media Video Dan Leaflet Terhadap Perilaku Mencuci Tangan Dalam Pencegahan Diare. Jurnal Kesehatan Madani Medika, 11(01), 27–34.

Astuti, D. P. (2022). Pengaruh Promosi Kesehatan dengan Video Interaktif tentang Hypnobirthing terhadap pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil Primigravida dalam Menghadapi Persalinan di PMB Bidan U Kecamatan Pondok Melati Bekasi pada Bulan Juni Tahun 2022. Jurnal Health Sains, 3(8.5.2017), 2003–2005.

Aulia, F., Mirawati, M., & Sari, B. P. (2021). Video Edukasi Atraktif Dalam Meningkatkan Keterampilan Cuci Tangan. Jurnal SMART Kebidanan, 8(1), 78. https://doi.org/10.34310/sjkb.v8i1.443

Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Ratnawati, D. (2019). Pengaruh Audiovisual Menonton Film Kartun Terhadap Tingkat Kecemasan Saat Prosedur Injeksi Pada Anak Prasekolah. Journal of Health Sciences, 12(02), 15–29. https://doi.org/10.33086/jhs.v12i02.996

Firmansah, D., & Firdaus, D. F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Dengan Menggunakan Aplikasi Sparkol Videoscribe Pada Tema 3 Kelas III. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(2), 159–172. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13130%0A

Firmansyah, I., Akbar, M. A., & Afirianto, T. (2018). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Sehat Menggunakan Kinect. Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (J-PTIIK) Universitas Brawijaya, 2(10), 3817–3826.

Friskarini, K., & Sundari, T. R. (2020). Pelaksanaan Cuci Tangan Pakai Sabun (Tantangan Dan Peluang) Sebagai Upaya Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Jurnal Ekologi Kesehatan, 19(1), 21–34. https://doi.org/10.22435/jek.v19i1.3058

Gunawan, D. (2020). Pengaruh Media Video Interaktif Terhadap Hasil Belajar Kognitif Kelasa Iv Sd Negeri 2 Karangrejo Trenggalek. EDUPROXIMA : Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.29100/eduproxima.v2i1.1489

Hanafi, O., Sari, S. M., & Hamid, A. (2019). Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Keterampilan Cuci Tangan Pada Anak Kelas Iv Dan V Di Sdn 179 Kecamatan Rumbai Kota Pekanbaru. Jurnal Ners Indonesia, 9(2), 171. https://doi.org/10.31258/jni.9.2.171-181

Herwanti, B., Febriani, C. A., & Sari, F. E. (2022). Pengaruh edukasi metode bernyanyi dan video animasi cuci tangan pakai sabun terhadap kemampuan mencuci tangan dengan benar pada siswa-siswi taman kanak -kanak. Holistik Jurnal Kesehatan, 15(4), 647–654. https://doi.org/10.33024/hjk.v15i4.5768

Johan, H., Reni, D. P., & Noorbaya, S. (2018). Pengaruh Penyuluhan Media Audio Visual Video Terhadap Perilaku Cuci Tangan Pakai Sabun Pada Siswa Kelas Iii Di Sdn 027 Samarinda. Husada Mahakam: Jurnal Kesehatan, 4(6), 352. https://doi.org/10.35963/hmjk.v4i6.138

Kemenkes. (2014). Perilaku Mencuci Tangan Pakai Sabun di Indonesia. Jakarta: Kemenkes RI Pusat Data dan Informasi.

Kemenkes RI. 2018. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kemenkes RI.

Kurniawidjaja, L. M., Erwandi, D., & Pujiriani, I. (2013). Promosi Pengetahuan, Sikap, dan Keterampilan Berpola Hidup Sehat pada Kelompok Senam. Kesmas: National Public Health Journal, 7(9), 426. https://doi.org/10.21109/kesmas.v7i9.16

Mawaddatin, & Festy, P. (2015). Pengaruh Imaginative Pretend Play dengan Media Video Animasi: Pengetahuan dan Sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. The Sun, 2(1), 38–46.

Parasyanti, N. K. V., Yanti, N. L. G. P., & Mastini, I. G. A. A. P. (2020). Pendidikan Kesehatan Cuci Tangan Pakai Sabun dengan Video Terhadap Kemampuan Cuci Tangan pada Siswa SD. Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi, 9(1), 122. https://doi.org/10.36565/jab.v9i1.197

Sari, W., Program, T. S., Keperawatan, S., Kesehatan, I., Unggul, E., Arjuna, J., Nomor, U., & Jeruk, K. (2018). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Audio Visual terhadap Tingkat Kepatuhan Cuci Tangan pada Anak Usia Prasekolah di Kelurahan Halim 1 Kecamatan Makasar Tahun. 4(2014), 23.

Suryansah, T., & Suwarjo, S. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(2), 209. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i2.8393

Suseno, M. R., Fitri Hamidiyanti, B. Y., & Ayu Ningsih, W. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Menggunakan Media Video Dan Alat Peraga Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Tentang Personal Hygiene Pada Masa Menstruasi Dalam Layanan Homecare. Jurnal Kebidanan, 10(2),59–69. https://doi.org/10.35890/jkdh.v10i2.216

Wijanarko, H., Rusijono, ., & Bachri, B. S. (2021). Pengaruh Media Video Terhadap Motivasi & Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan X-DPIB SMK Negeri 2 Surabaya. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 09. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4953




DOI: https://doi.org/10.30602/jvk.v8i2.872

Article Metrics

Abstract views : 625| PDF views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Vokasi Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


JVK (JURNAL VOKASI KESEHATAN) INDEXED BY:

 

           

LICENSE JOURNAL:

Creative Commons License
Jurnal Vokasi Kesehatan (JVK) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

MAPS: