KELAS IBU HAMIL SEBAGAI UPAYA MENGATASI KECEMASAN DALAM KEHAMILAN

Maudy Lila Kartika, Rosmawati Lubis, Rini Kundaryanti

Abstract


Latar Belakang : Studi internasional menyebutkan masalah gangguan kecemasan selama kehamilan di negara maju dan berkembang masing-masing 10% dan 25%, sedangkan di Indonesia ada sekitar 28,7% ibu hamil yang mengalami kecemasan. Mengingat efek kecemasan yang tidak baik terhadap kehamilan, maka diperlukan suatu upaya untuk mengatasinya. Kelas Ibu Hamil merupakan sebuah program untuk meningkatkan pengetahuan ibu hamil yang diharapkan mampu mengurangi tingkat kecemasan ibu hamil. Namun berdasarkan hasil studi pendahuluan, ditemukan fakta bahwa program kelas ibu hamil masih belum berjalan efektif. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh intervensi kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil primigravida. Metode : Penelitian eksperimen menggunakan quasy experiment dengan pendekatan One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian berjumlah 20 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan instrument Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS). Analisis statistik menggunakan uji T berpasangan. Hasil : p-value 0,000, dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan setelah diberikan kelas ibu hamil terhadap tingkat kecemasan ibu hamil. Metode ini dapat diterapkan di pelayanan kebidanan untuk menurunkan tingkat kecemasan pada ibu hamil, untuk itu program kelas ibu hamil sebaiknya dijalankan sebagaimana mestinya.


Full Text:

PDF

References


Anniverno, R., Bramante, A., Mencacci, C., dan Durbano, F. (2013). New insights into anxiety disorders. London: Intech Open.

Arifin, A., Kundre, R., dan Rompas, S. (2015). Hubungan dukungan keluarga dengan kecemasan ibu hamil menghadapi proses persalinan di Puskesmas Budilatama Kecamatan Gadung Kabupaten Buol Provinsi Sulawesi Tengah. Ejournal Keperawatan, 3 (2).

Bakara, D.M., dan Kurniyati. (2018). The effect of deep breathing relaxation in decreasing the pregnancy women anxiety of primigravida third trimester in facing the childbirth process work area health center of Talang Rimbo Lama Rejang Lebong Bengkulu. Jurnal Kesehatan Almuslim, 3 (6).

Barron, O.A. dan Wiegartz, P.S. (2011). Issues in treating anxiety disorders in pregnancy. Modern Medicine Network, 28 (9).

Chusnaini. (2011). Perbedaan kecemasan ibu hamil trimester III primigravida dan multigravida dalam menghadapi persalinan di RB Binasehat Bantul Yogyakarta. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani.

Danik, R. dan Wijayanti, I. T. (2016). Hubungan keikutsertaan ibu hamil dalam kelas hamil dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan pada ibu hamil trimester III di Desa Karangmangu Kecamatan Serang Kabupaten Rembang. Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan, 2 (5).

Deepthi, G. dan Swaroopa, H. (2017). Effect of antenatal education in improving maternal confidence and reducing anxiety about labor in primigravida women attending Saveetha Medical College and Hospital, Chennai, Tamil Nadu, India. International Journal of Pharma and Bio Sciences, 8 (1).

Delmaifanis, Eugine, T., dan Napitupulu, M. (2014). Kelas ibu hamil mempunyai pengaruh positif terhadap tingkat kecemasan ibu primigravida menghadapi persalinan. Jurnal Ilmu Dan Teknologi Kesehatan, 1 (2).

Depkes RI. (2009). Pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Fazdria dan Harahap, M.S. (2016). Gambaran tingkat kecemasan pada ibu hamil dalam menghadapi persalinan di Desa Tualang Teungoh Kecamatan Langsa Kota Kabupaten Kota Langsa tahun 2014. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala, 16 (1).

Hidayat, S dan Sumarni, S. (2013). Kecemasan ibu hamil dalam menghadapi persalinan. Jurnal Kesehatan Wiraraja Medika, 3 (2).

Kemenkes RI. (2014). Pedoman pelaksanaan kelas ibu hamil. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Koushede, V., Brixval, C. S., Thygesen, L.C., Axelsen, S.F., Winkel, P.E., Lindschou, J., Gluud, C., dan Due, P. (2017). Antenatal small class education versus auditorium-based lectures to promote positive transitioning to parenthood - A randomised trial. Plos One Journal, 12 (5).

Kundre, R., Silolonga, W., dan Walangadi, N. N. (2014). Hubungan pengetahuan ibu hamil primigravida trimester III dengan tingkat kecemasan ibu menghadapi persalinan di Poli KIA Puskesmas Tuminting. Ejournal Keperawatan, 2 (2).

Larasati, I. P. dan Wibowo, A. (2012). Pengaruh keikutsertaan senam hamil terhadap kecemasan primigravida trimester III. Jurnal Biometrika Dan Kependudukan, 1 (1).

Latifah, L. (2017). Hubungan dukungan keluarga dengan kecemasan ibu hamil primigravida trimester iii di wilayah kerja Puskesmas Pandian Sumenep. Jurnal Ilmiah Kebidanan, 3 (1).

Maula, S. I. dan Wijayanti, I. T. (2017). Hubungan keikutsertaan kelas ibu hamil dengan tingkat kecemasan menghadapi persalinan. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 2 (5).

Na’im, N.J. (2010). Hubungan dukungan keluarga dengan tingkat kecemasan ibu primipara menghadapi persalinan di Puskesmas Pamulang Kota Tangerang Selatan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Novriani, W dan Sari, F.S. (2017). Dukungan keluarga dengan kecemasan menjelang persalinan trimester III. Jurnal Ipteks Terapan, 11 (1).

Nursalam. (2013). Metodologi penelitian: pendekatan praktis (edisi 3). Jakarta: Salemba Medika.

Prastika, D. (2017). Pengaruh pendidikan kesehatan tentang persalinan terhadap kecemasan primigravida trimester III di Puskesmas Ciputat. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Sangadah, R. (2016). Identifikasi faktor pelaksanaan upaya pencegahan kematian ibu di Kabupaten Klaten dan Kota Surabaya. Universitas Airlangga.

Sani, K.F. (2016). Metodologi penelitian farmasi komunitas dan eksperimental. Yogyakarta: Deepublish.

Sari, D.K dan Pantiawati, I. (2013). Perbandingan teknik masase dan terapi musik terhadap penurunan kecemasan pada ibu bersalin primipara di Kecamatan Brebes tahun 2013. Bidan Prada: Jurnal ilmiah kebidanan, 4 (1).

Schetter, C.D. dan Tanner, L. (2012). Anxiety, depression and stress in pregnancy: implications for mothers, children, research, and practice. Curr Opin Psychiatry, 25 (2).

Shahhosseini Z., Pourasgha M., Khalilian A., dan Salehi F. (2015). A review of the effects of anxiety during pregnancy on children’s health. Mater Sociomed, 27 (3).

Silva M.M.J, Noagueira D.A, Clapis M.J, dan Leite. (2017). Anxiety in pregnancy: prevalence and associated factors. Journal of School of Nursing University of Sao Paulo, 51.

Sindhu, P. (2011). Yoga untuk kehamilan; sehat, bahagia, & penuh makna. Bandung: PT. Mizan Pustaka.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v9i1.828

Article Metrics

Abstract views : 667| PDF views : 79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.