HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TEKANAN DARAH TERKONTROL PADA LANSIA HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SINGKAWANG UTARA I TAHUN 2023

Dwi Natasya Johan, Raju Kapadia, Niya Fittarsih

Abstract


Hipertensi pada populasi lansia berhubungan dengan peningkatan risiko gagal jantung kongestif, penyakit jantung iksemik, stroke dan kematian. Data menunjukkan lansia terdiagnosis hipertensi di Puskesmas Singkawang Utara I dari bulan Januari – Desember 2022 sejumlah 235 orang. Dukungan keluarga memiliki peranan penting dalam proses perawatan untuk perawatan yang optimal, terutama pada lansia. Pada lansia dengan tekanan darah tinggi, pengendalian dan pengontrolan tekanan darah memerlukan dukungan, yang juga merupakan bagian penting sebagai penentu perilaku sehat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan keluarga dengan tekanan darah terkontol pada lansia hipertensi di wilayah kerja puskesmas Singkawang Utara 1. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel yang digunakan sebanyak 34 responden yang diambil secara consecutive sampling.Variabel penelitian yang diambil adalah dukungan keluarga pasien dan tekanan darah terkontrol. Analisa data menggunakan uji Chi Square. Pengambilan data menggunakan kuisioner penelitian dukungan keluarga. Hasil penelitian ini adalah 85,3% responden mendapat dukungan keluarga dan dengan tekanan darah terkontrol, dan 17,7% sisanya kurang mendapat dukungan keluarga. Dengan melakukan uji statistik dan mendapatkan nilai p value 0,000 (<0,05). Dukungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap tekanan darah terkontrol lansia hipertensi.


Full Text:

PDF

References


Airlangga, P. U. (2019). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kepatuhan Minum Obat pada Penderita Hipertensi do RSUD.Prof.dr.W.Z. Johannes Kupang-NTT.

Akbar, F., Nur, H., Humaerah, U. I., Keperawatan, A., Wonomulyo, Y., & Gatot Subroto, J. (2020). Karakteristik Hipertensi Pada Lanjut Usia Di Desa Buku (Characteristics of Hypertension in the Elderly). Jwk, 5(2), 2548–4702.

Aliffatunisa, F., Ayu, N. R. I., Dewi, F. K., & Apriliyani, I. (2021). Hubungan Aspek Dukungan Sosial Keluarga terhadap Tekanan Darah Terkontrol pada Lansia dengan Hipertensi. Jurnal Keperawatan Raflesia, 3(2), 1–10.

Anggraeni, N., & Nasution, johani dewita. (2019). Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Lansia Dengan Riwayat Hipertensi Dalam Pengendalian Tekanan Darah Pada Lansia Di Puskesmas Sibolangit Kabupaten Deli Serdang Tahun 2019. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 2–9.

Br.Siahaan, R. H., Utomo, W., & Herlina, H. (2022). Hubungan Dukungan Keluarga dan Efikasi Diri dengan Motivasi Lansia Hipertensi Dalam Mengontrol Tekanan Darah. Holistic Nursing and Health Science, 5(1), 43–53.

Dharma. (2017). Metodologi Penelitian Keperawatan : Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian.

Fuady, N., Basuki, D., & Mustikawati, I. (2018). The Relationship Betwen Family Support Toward Elderly’s Patient Blood Pressure Who Has Hypertension In Puskesmas 1 Sumbang , Kecamatan Sumbang , Kabupaten Banyumas. Herb-Medicine Journal, 1(1), 7–14.

Fuentes, M. M. M. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Dan Faktor Lainnya Dengan Keaktifan Lanjut Usia (Lansia) Mengikuti Kegiatan Posyandu Lansia Di Wilayah Kerja Puskesmas Rajabasa Indah. 1–14.

Hanum, P., & Lubis, R. (2017). Hubungan Karakteristik Dan Dukungan Keluarga Lansia Dengan Kejadian Stroke Pada Lansia Hipertensi Di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik Medan Support from the Elderly Families, Stroke in the Elderly with Hypertension. Jumantik, 3(1), 72–88.

Hasanah, U. (2019). Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi). Jurnal Keperawatan Jiwa, 7(1), 87.

Herlinah, L., Wiarsih, W., Rekawati, E., Kunci: Keluarga, K., Hubungan, H., Keluarga, D., Perilaku, D., Dalam, L., & Hipertensi, P. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Perilaku Lansia Dalam Pengendalian Hipertensi. Jurnal Keperawatan Komunitas, 1(2), 108115.

Ida, M., Prihatin, K., & Fatmawati, B. R. (2020). Pengaruh Self-Efficacy Dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Menjalani Terapi Pada Penderita Hipertensi. Jurnal Keperawatan ’Aisyiyah, 7(2), 1–6.

Indriana, N., & Swandari, M. T. K. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Kepatuhan Minum Obat Pada Pasien Hipertensi Di Rumah Sakit X Cilacap. Jurnal Ilmiah JOPHUS : Journal Of Pharmacy UMUS, 2(01), 87–97.

Khairunnisa, A. (2019). Asuhan Keperawatan Pada Pasien Hipertensi Di Ruangan Angsoka RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Kholifah, S. N. dan W. (2016). Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Keluarga Komunitas. Modul Bahan Ajar Cetak Keperawatan Keluarga Komunitas.

Mandala, A. S., Esfandiari, F., & K.N, A. (2020). Hubungan Tekanan Darah Terkontrol dan Tidak Terkontrol terhadap Kadar High Density Lipoprotein Pasien Hipertensi. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 11(1), 379–386.

Murwani, A., Amri, R. Y., & Hikmawati, A. N. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Fungsi Perawatan Kesehatan dan Kualitas Hidup Lansia di Tegalsari Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta. Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, 6(2), 163.

Priambodo, N. D. S. (2020). Asuhan Keperawatan Gerontik Dengan Defisit Pengetahuan Pada Klien Hipertensi Di Desa Balung Tawun Kecamatan Sukodadi Kabupaten Lamongan. Tugas Akhir D3 Thesis, 1.

Saputra, B. I., & Nurdian, L. (2019). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Kepatuhan Diet Asam Urat Pada Lansia Penderita Gout Artritis Di Kacangan Giripurwo Purwoasri Gunungkidul. 1–17.

Seprina, S., Herlina, H., & Bayhakki, B. (2022). Hubungan Perilaku CERDIK terhadap Pengontrolan Tekanan Darah pada Lansia Hipertensi di Masa Pandemi COVID-19. Holistic Nursing and Health Science, 5(1), 66– 73.

Sidabutar, R. (2021). Hubungan dukungan keluarga dengan kepatuhan Diit hipertensi pada Lansia di RW Prima Harapan Regensi Harapan Baru Bekasi. 1–57.

Suhartini, Ermawati, T., Hamzah, Z., & Meilawati,

Z. (2017). Profil Tekanan Darah Pada Lansia di Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Warta Pengabdian, 11(4), 170–176.

Susanti, Y. (2020). Hubungan Dukungan Keluarga Dengan Self Care Pada Pasien Hipertensi :

Literature Review. Universitas Aisyiyiyah Yogyakarta, 1–13.




DOI: https://doi.org/10.30602/sjnr.v5i1.1337

Article Metrics

Abstract views : 84| PDF views : 9

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 SCIENTIFIC JOURNAL OF NURSING RESARCH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

View My Stats