PENGARUH TEHNIK RELAKSASI GENGGAM JARI TERHADAP PENURUNAN NYERI PADA PASIEN POST OPERASI SECTIO CAESAREA

Livia Echa Saputri, Winnelia FSR, Erni Juniartati

Abstract


Sectio Caesarea menjadi sebuah pilihan bagi ibu yang mengalami kesulitan melahirkan sehingga angka kejadian sectio caesarea meningkat. Nyeri yang dirasakan klien merupakan gejala sisa yang diakibatkan oleh sectio caesarea sekitar 60% klien menderita nyeri hebat 25% nyeri sedang dan 15% klien nyeri ringan.Terapi relaksasi genggam jari merupakan teknik relaksasi dengan jari tangan serta aliran energy didalam tubuh.Tujuan: Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh teknik relaksasi genggam jari terhadap intensitas nyeri pada ibu post sectio caesarea. Metode dalam pencarian sumber data artikel dilakukan melalui database elektronik, yakni Google Scholar, PubMed, dan Proquest seseuai dengan kriteria inklusi dengan kata kunci yang dicari dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Artikel dalam penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperiment, pra-exsperiment, pre-experiment dan quasi eksperiment. Hasil literature review dari 10 jurnal yang membahas topik Pengaruh Tehnik Relaksasi Genggam Jari Terhadap Penurunan Nyeri Pada Pasien Post Operasi Sectio Caesarea di review bahwa dengan tindakan Tehnik Relaksasi Genggam Jari dapat mengurangi nyeri pada pasien Post Operasi Sectio Caesarea. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada Pengaruh Tehnik Relaksasi Genggam jari dapat mengurangi rasa nyeri pada pasien Post Sectio Caesarea.


Full Text:

PDF

References


Andarmoyo, S. (2013) Konsep dan Proses Keperawatan Nyeri. Penerbit: Ar-Ruzz Media.Yogyakarta

Astuti, P. dan Kurlinawati, E. (2017) “Pengaruh Relaksasi Genggam Jari terhadap Penurunan Nyeri pada Pada Pasien Post Sectio Caesarea,†STRADA Journal scientific Health.

Cane, PM. 2013. Hidup Sehat dan Selaras : Penyembuhan Trauma. Ahli Bahasa : Marya, S & Emmy, L.D. INC. Yogyakarta

Potter, P. A. dan Peery, A. G. (2010) Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, dan Praktik. Edisi 4. Jakarta. EGC

Puwahang (2012) Titik Refleksi pada Tangan. Tersedia pada: http://titikrefleksi-padatangan (Diakses: 28 November 2019).

Simbolon, P., & Hondro, M. R. (2015). Pengaruh Terapi Musik Terhadap Tingkat Kecemasan Pada Pasien Pre Operasi di Ruang Rawat Bedah Rumah Sakit Santa Elizabeth Medan Tahun 2015. Jurnal Keperawatan.

Sofiyah, L. dan Ma’rifah, A. R. (2014) Pengaruh Relaksasi Genggam Jari Terhadap Perubahan Skala Nyeri Pada Pasien Post Secrio Caesarea di RSUD Prof. DR. Margono Soekarjdo Purwokerto.

Solehati T, Rustina Y. 2013. The Effect of Benson Relaxation on Reduction of Pain Level Among Post Caesarean

Sulistioningsih, A. R. dan Bantas, K. (2017) Opportunities to Use the Fault Method in Labor in Indonesia (2017 IDHS Data Analysis).

Yuliastuti, C. (2015). Effect Of Handheld Finger Relaxation On Reduction Of Pain Intensity In Patients With Post-Appendectomy At Inpatient Ward, RSUD Sidoarjo. International Journal of Medicine and Pharmaceutical Sciences (IJMPS), vol 5, no 3 ; 53-58




DOI: https://doi.org/10.30602/sjnr.v2i2.1185

Article Metrics

Abstract views : 239| PDF views : 33

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 SCIENTIFIC JOURNAL OF NURSING RESARCH

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed by:

 

View My Stats