Efektifitas Kembang Sepatu (Hibiscu Rosa Sinensis. L) Dan Kurkumin Dalam Pemeriksaan Kandungan Boraks Pada Bakso Di Pontianak Utara

Edi Purnama, Yulia Yulia, Susilawati Susilawati

Abstract


Abstrak: Efektifitas Kembang Sepatu (Hibiscu Rosa Sinensis. L) dan Kurkumin dalam Pemeriksaan Kandungan  Boraks pada Bakso di Pontianak Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu (quasi experimen) yaitu penelitian yang mendekati percobaan sungguhan, tetapi tidak mengadadakan kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang bakso kaki lima yang menetap di wilayah Pontianak Utara dengan jumlah sampel sebanyak 27 sampel bakso. Hasil penelitian yaitu ada perbedaan jumlah bakso yang positif boraks dengan variasi dosis estrak kembang sepatu (sepatu 20%, 22,5%, 25 %, 27,5%, 30%) dengan dosis efektif yang di gunakan adalah sebesar 30% dimana di peroleh nilai p = 0,000. Tidak ada perbedaan hasil yang di peroleh antara kurkumin dengan kembang sepatu dalam menditeksi boraks. Masyarakat dapat menggunakan estrak bunga kembang sepatu sebagai indikator boraks pada makanan.

Abstract: Effectiveness of Flower Shoes (Hibiscu Rosa Sinensis, L) and in The Examination Content Curcumin of Borax in Meatballs in North Pontianak. This type of research is a quasi-experimental research (quasi experimental) research that approach real experiment, but not organize control. The population in this study are all meatballs traders sidewalk settled in the North Pontianak with a total sample of 27 samples meatballs. The results of research that there are differences in the number of positive borax meatballs with dose variation estrak hibiscus (shoe 20%, 22.5%, 25%, 27.5%, 30%) with an effective dose used was 30% which was obtained p = 0.000. That is no difference in the results obtained between curcumin with hibiscus in menditeksi borax. Communities can use estrak hibiscus flower as an indicator of borax in food.


Keywords


Kembang Sepatu; Kertas Kurkumin; Boraks

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract views : 638| PDF views : 2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Sanitarian Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

SANITARIAN JURNAL KESEHATAN INDEXED BY:

  

LICENSE JOURNAL:

Lisensi Creative Commons

Sanitarian Jurnal Kesehatan is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

VISITOR STAT:

Sanitarian Jurnal Kesehatan