ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN DI WARUNG SEBLAK MAMANG NDUT MALANG

Yahmi Ira Setyaningrum, Ratnani Choirunisa, Arindra Nirbaya

Abstract


Kepuasan konsumen penting untuk menumbuhkan loyalitas konsumen. Oleh karena itu dilakukan analisis terhadap faktor yang berpengaruh. Tujuan penelitian untuk menganalisa pengaruh faktor perilaku konsumen, penampilan makanan, cita rasa, harga makanan, kualitas pelayanan, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen. Desain penelitian cross sectional, dengan sampel sebanyak 119 konsumen. Kriteria inklusi sampel yaitu usia 17-50 tahun, membeli hidangan dan dimakan di tempat serta dalam keadaan sehat. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner. Hasil uji statistik dengan Gamma d’Somers adalah semua variabel yang diteliti berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Nilai koefisien korelasi (r) perilaku konsumen (0,365), penampilan makanan (0,580), cita rasa (0,605), harga makanan (0,472), kualitas pelayanan (0,619) dan lokasi (0,527). Dari hasil tersebut faktor yang memiliki pengaruh dominan adalah variabel kualitas pelayanan, dimana nilai (r) 0,619 (hubungan kuat) dan variabel cita rasa dengan nilai (r) 0,605 (hubungan kuat). Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor yang dominan yang mempengruhi kepuasan konsumen pada variabel kualitas pelayanan dan cita rasa.


References


Agung, A H. 2013. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, harga dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mie Setan Jember. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Jember. Fakultas Ekonomi. Universitas Jember.

Arini, ST. 2018. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Beras Di Kota Makassar. Skripsi. Makassar. Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian. Universitas Hasanuddin.

Atikah, N S dan Setiawan, B. 2014. Analisis Kinerja Penyelenggaraan Makanan dan Tingkat Kepuasan Konsumen Restoran Khas Padang Di Bogor. Jurnal Gizi dan Pangan. Vol.9, No.1 Maret 2014 : hlm. 59-64.

Bakri Bachyar, Ani Intiyati, dan Widartika. 2018. Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi. Jakarta.

Cahyadi, C. 2014. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Makanan Dengan Peran Moderasi Atmosfirpada Restoran Sushi Tei Galaxy Mall Di Surabaya. Jurnal Ilmiah. Mahasiswa Universitas Surabaya, III (1).

Chelviani, K, Meitriana, M, Haris IA. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pemilihan Lokasi Toko Modern Di Kecamatan Buleleng. Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, Volume 9 No.2 Tahun 2017.

Fauzia, S, Relawati, R, Ningsih, GM, 2020. Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Rumah Makan Langensari. Journal of Agricultural Socioeconomics and Business. Program Studi Agribisnis. Fakultas Pertenian-Peternakan, Universitas Muhammadiyah Malang.

Gustriana, N dan Sojarmintp, Y. 2019. Pengaruh Cita Rasa, Fasilitas, Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Di Rumah Makan Prasmanan Sederhana 1 Tegal Gede Cikarang Selatan. Prodi Manajemen, Universitas Pelita Bangsa.

Handayati, Ratna. 2016. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Konsumendi Pong-Pong Cafe Lamongan. Universitas Islam Lamongan. Jurnal Penelitian Ekonomi dan Akuntansi Vol 1 No. 3, Oktober 2016.

Ikhsan N. 2016. Sistem Penyelenggaraan Makanan dan Tingkat Kepuasan Serta Daya Terima Konsumen Terhadap Soto Uncu Padang. Skripsi. Bogor. Fakultas Ekologi Manusia. Institut Pertanian Bogor.

Indrasari, Nopika. 2017. Pengaruh Cita Rasa, Nilai Gizi Dan Variasi Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Yes Delivery Di Plosokandang Tulungagung. Jurnal Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Volume. 01 No.07 Tahun 2017.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar; RISKESDAS. Jakarta : Balitbang Kemenkes RI.

Kurniawati, N. 2011. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Frekuensi Kunjungan Konsumen di Depot Soto Ayam Lamongan “Remuk†Malang. Karya Tulis Ilmiah. Tidak diterbitkan. Malang. Program Studi Gizi. Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang.

Kurniawati, H. 2017. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Berkunjung Ke Warunk Mie Gacoan Cabang Mojokerto.

Kustiyoasih, M P, dkk. 2016. Penyelenggaraan Makanan dan Kepuasaan Konsumen Di Kantin Lantai 2 Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Media Gizi Indonesia. Vol. 11, No. 1 Januari-Juni 2016 : hlm.11-16.

Lumbantoruan, D. 2012. Hubungan Penampilan Makanan Dan Faktor Lainnya dengan Sisa Makanan Biasa Pasien Kelas 3 Seruni RS Cinere Depok Bulan April-Mei 2012. Universitas Indonesia.

Nofita, ED dan Kamal, M. 2013. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Pada Salwa House Kafe. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro. Diponegoro Journal Of Management. Vol 2 No 2, Hal. 1-9, 2013.

Puji Lestari, Fibria A. 2018. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan. Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Sosio E-Kons. Volume 10, No.2 Agustus 2018, pp. 179-187.

Rachmawati, R dan Sari, YD. 2020. Kontribusi Zat Gizi Makanan Jajanan Terhadap Asupan Energisehari Di Indonesia [Analisis Data Surveykonsumsi Makanan Individu 2014] (Food Away From Home [Fafh]Contribution Of Nutrition To Daily Total Energy Intake In Indonesia).Penelitian Gizi dan Makanan, Juni 2020 Vol.43 (1) : 29-40.

Septaryanto, J, Firmansyah, I. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Terhadap Rumah Makan Mie Cokro Banngkalan. EcoSocio : Jurnal Ilmu dan Pendidikan Ekonomi-Sosial. Vol. 4, No.2. November 2020.

Situmeang, L S. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Istana Hot Plate Medan. Skripsi. Sumatera Utara. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v7i2.908

Article Metrics

Abstract views : 22|

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics