Hubungan Lama Pemberian Asi Dengan Status Gizi Balita Di Kabupaten Donggala

Armenia Eka Putriana, Masfufah Masfufah, Ni Ketut Kariani

Abstract


Pola asuh pada bayi meliputi pemberian gizi yang cukup dan seimbang melalui pemberian ASI. Pada bayi pemberian ASI yang tidak benar ditengarai sebagai penyebab tingginya angka kesakitan dan gizi kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lama pemberian ASI dengan status gizi balita di Kabupaten Donggala. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional. Total responden adalah 88 balita. Analisis data menggunakan metode chi square. Hasil menunjukkan bahwa lama pemberian ASI sebagian besar selama 6 bulan. Terdapat balita memiliki status gizi pendek berdasarkan PB/U sebanyak 31 balita. Dan secara statistik tidak ada hubungan antara lama pemberian ASI dan status gizi balita dengan p value 0.170.

Keywords


ASI; Status Gizi; Balita

Full Text:

PDF

References


[Depkes] Departemen Kesehatan. 2013. Laporan hasil riset kesehatan dasar Indonesia tahun 2010. Jakarta (ID): Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementrian Kesehatan RI.

[WHO] World Health Organization. 2002. The World Health Report: Reducing Risks, Promoting Healthy Life. Geneva. WHO Press.

Bella, FD. (2020). Hubungan Antara Pola Asuh Keluarga dengan Kejadian Balita Stunting pada Keluarga Miskin di Palembang. Jurnal Epidemiologi Kesehatan Komunitas. Volume 5 Nomor 1 (halaman 15-22).

BKKBN. 2010. Buku Panduan Praktis. Jakarta: PT. Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.

Lucy. (2006). Strategi Nasional PP ASI. Depkes RI 2006. Dirjen Biskesmas Direktorat Gizi Masyarakat, Manajemen Laktasi Buku Panduan bagi Bidan dan Petugas Kesehatan diPuskesmasJakarta.

Unicef, WHO, World Bank Group. Levels and trends in child malnutrition. Geneva 2017.

Walyani, E. S. 2015. Perawatan Kehamilan dan Menyusui Anak Pertama agar Bayi Lahir dan Tumbuh Sehat. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Yadika, Adilla. (2019). Pengaruh Stunting terhadap Perkembangan Kognitif dan Prestasi Belajar. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority Volume 1 Nomor 1.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v4i1.725

Article Metrics

Abstract views : 200| PDF views : 23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics