Efektivitas Edu-Anemia dalam Peningkatan Pengetahuan dan Kepatuhan Mengonsumsi Tablet Fe di Pontianak

Alfi Syahrina, Jurianto Gambir, Yanuarti Petrika

Abstract


Teknologi yang semakin canggih di era modern saat ini membuat manusia sangat tergantung pada handphone berbasis smartphone, hingga seluruh kegiatan banyak diselesaikan melalui smartphone. Memanfaatkan hal itu, Aplikasi Edu-Anemia memberikan pesan otomatis meliputi hal hal yang berkaitan dengan anemia. Informasi tersebut akan muncul setiap pagi hari dengan isi pesan yang berbeda selama 14 hari, dan akan berulang sebanyak 6 kali terhitung sejak penelitian dimulai. Selain itu dilengkapi juga dengan kolom kepatuhan minum tablet tambah darah, pesan pengingat minum tablet Fe pada malam hari, serta soal-soal pendeteksi anemia. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimental, dengan  melihat efek dari penggunaan aplikasi Edu-Anemia dan leaflet serta kartu kontrol konsumsi tablet Fe yang disediakan oleh Puskesmas Telaga Biru dalam kelompok yang berbeda terhadap peningkatan pengetahuan serta kepatuhan dalam mengonsumsi tablet Fe pada remaja putri, yang diuji menggunakan metode uji sebelum dan sesudah mendapat perlakuan. Penelitian dilakukan selama 90 hari dengan sampel sebanyak  30 sampel dalam setiap kelompok. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa ada peningkatan yang signifikan dari penggunaan aplikasi Edu-Anemia terhadap pengetahuan dan kepatuhan remaja dalam mengonsumsi tablet Fe (p = 0.00). Perlu penelitian lebih lanjut mengenai inovasi pencatatan minum tablet Fe, dan adanya ide kreatif meningkatkan kedisiplinan remaja dalam mengonsumsi tablet Fe.


Keywords


Aplikasi Reminder, Anemia, Pengetahuan, Kepatuhan, Tablet Fe

Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Wijatmadi, B. (2016). Pengantar Gizi Masyarakat. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Alvionita, I. (2017). Pengaruh Pemberian Poster dan SMS Reminder Terhadap Kepatuhan Minum Tablet Besi dan Kenaikan Kadar Hb Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Sukoharjo.

Bilenko, N., Yehiel, M., Yael, I., & Gazala, E. (2007). The Association between Anemia in Infants, and Maternal Knowledge. IMAJ, 521-524.

Budiyanto, F. H. (2016). Efektivitas Media Aplikasi Android “Ayah ASI†Terhadap Peran Suami dalam Pemberian ASI Eksklusif (Breatfeeding Father). Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Gambir, J., & Ginting, M. (2018). Penggunaan Food Card Sebagai Pendekatan dalam Meningkatkan Kepatuhan Konsumsi Tablet Fe dan Perbaikan Status Gizi Remaja Putri. Pontianak: Poltekkes Kemenkes Pontianak.

Gambir, J., & Nopriantini (2018). Penerapan Model Edukasi Gizi Terhadap Perilaku Sarapan pada Anak Sekolah Dasar. Pontianak: Poltekkes Kemenkes Pontianak.

Gunawan, & Fahmi. (2018). Senarai Penelitian Pendidikan, Hukum, dan Ekonomi di Sulawesi Tenggara. Yogyakarta.

Iqbal, M., Amiruddin, & Nusufi, M. (2016). Tingkat Kedisiplinan Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani pada Siswa SMP Negeri 13 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi.

Iron Disorder Institute. (2004). Preventing Disease Caused By Iron Out Of Balance. Diet Recommendations for the Iron Deficient Adult, p. 9.

Kemenkes. (2016). Pemberian Tablet Tambah Darah pada Remaja Putri dan Wanita Usia Subur. Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat. Dinas Kesehatan.

Kohatsu, W. (2016, November 14). Eat Iron-Rich Foods to Reduce Anemia. Anemia.

Perdana, F., Madanijah, S., & Ekayanti, I. (2017). Pengembangan Media Edukasi Gizi Berbasis Android dan Website Serta Pengaruhynya Terhadap Perilaku Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar. J. Gizi Pangan.

Permatasari, T., Briawan, D., & Madanijah, S. (2018). Efektivitas Program Suplementasi Zat Besi pada Remaja Putri di Kota Bogor. Jurnal MKMI.

(2013). Riskesdas. Kementrian Kesehatan.

Sari, M. P. (2015). Pengaruh Pendidikan Gizi Tentang Anemia dengan Media Animasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Gizi Remaja Putri di SMPN 01 Tasikmadu Karanganyar.

Subiyatin, A., & Mudrika, L. (2017). Pengetahuan Berhubungan dengan Anemia Remaja di Pesantren Modern Ummul Qura Al-. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 28-34.

Sumiyati, Hernawan, A. D., & Marlenywati. (2012). Hubungan Antara Kebiasaan Sarapan Pagi, Siklus Menstruasi, dan Berolahraga dengan Anemia Gizi Besi pada Remaja Putri di Wilayah Kerja Puskesmas Kampung Bali. Jurnal Mahasiswa dan Peneliti Kesehatan, 92-102.

Tyas, S. W. (2014). Pengaruh Game Berbasis Android Tentang Diet Diabetes (DM) Terhadap Pengetahuan Diet DM pada Penderita DM.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v3i2.698

Article Metrics

Abstract views : 863| PDF views : 347

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics