Kepatuhan Diet Pasien Diabetes Melitus Rawat Inap di RSUD dr. Soekarjo Tasikmalaya

yanita listianasari, Irma Nuraeni, Naning Hadiningsih

Abstract


Diabetes melitus merupakan salah satu penyakit metabolik sindrom yang ditandai dengan terjadinya hiperglikemia dan gangguan metabolisme karbohidrat, lemak dan protein yang dihubungkan dengan kekurangan secara absolut atau relatif dari kerja dan atau sekresi insulin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan diet pada pasien diabetes melitus rawat inap di RSUD Dr. Soekarjo Kota Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan observasional dengan pendekatan cross sectional study. Penelitian ini dilaksanakan di RSUD Dr. Soekardjo Kota Tasikmalaya. Sampel penelitian ini adalah 35 pasien rawat inap penderita diabetes melitus yang telah diberikan diet dari rumah sakit dengan pengambilan sampel secara purposive sampling. Penelitian menunjukkan rata-rata sebagian besar responden memiliki persepsi yang positif (54,3%), motivasi diri yang baik (68,6%), kepercayaan diri yang baik (57,1%), dukungan keluarga yang positif (54,3%), dukungan petugas kesehatan yang baik (65,7%). Diperoleh bahwa sebagian besar responden mengonsumsi makanan dengan jenis yang tepat (62,9%), jumlah kalori tidak tepat (94,3%), dan mengonsumsi makanan dari luar rumah sakit (51,4%).

Keywords


Kepatuhan Diet; Diabetes Melitus; Rawat Inap

Full Text:

PDF

References


Almatsier, S. 2010. Penuntun Diet EdisiBaru. Jakarta: Gramedika Pustaka Utama.

Hendro, M. 2010. Pengaruh Psikososial terhadap Pola Makan Penderita Diabetes Melitus di RSUD Kabupaten Deli Serdang Tahun 2009. Thesis. FKM Universitas Sumatera Utara, Medan.

Husnah, Hendra Zufry dan Maisura. Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Pasien Diabetes Melitus dalam Menjalani Terapi Di Rsud Dr. Zainoel Abidin Banda Aceh. Jurnal Kedokteran Syiah Kuala. Volume 14 Nomor 2 Agustus 2014.

Gustina, Suratun, dan Heryati. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Mellitus Pada Pasien DM. Jurnal Keperawatan. Vol. 2 No. 3 Nopember 2014, hlm 97-107.

Mila, J. H.C dan M. Sulchan. Ketepatan dan Kepatuhan Konsumsi Diit Diabetes Mellitus Penderita Rawat Inap Di Rsu Brayat Minulya Surakarta. Jurnal kesehatan Masyarakat Indonesia. Vol. I Th. 2003.

Mona, E. dan S. Bintanah dan R. Astuti. Hubungan Frekuensi Pemberian Konsultasi Gizi dengan Kepatuhan Diit Serta Kadar Gula Darah Penderita Diabetes Mellitus Tipe II Rawat Jalan di RS Tugurejo Semarang. Jurnal Gizi Universitas Muhammadiyah Semarang November 2012, Volume 1, Nomor 1.

Phitri, H. E. dan Widiyaningsih. Hubungan Antara Pengetahuan dan Sikap Penderita Diabetes Mellitus Dengan Kepatuhan Diet Diabetes Mellitus Di Rsud Am. Parikesit Kalimantan Timur. Jurnal Keperawatan Medikal Bedah . Volume 1, No. 1, Mei 2013; 58-7458 .

Purwanto, Nasrul Hadi, 2011, Hubungan Pengetahuan Tentang Diet Diabetes Mellitus Dengan Kepatuhan Pelaksanaan Diet Pada Penderita Diabetes Mellitus, Jurnal Keperawatan, Volume 01, Nomor 01, Januari – Desember 2011.

Puspitasari, A.W. 2012. Analisis Efektifitas Pemberian Booklet Obat terhadap Tingkat Kepatuhan Ditinjau dari Kadar Hemoglobin Terglikasi (HbA1c) dan Morisky Medication Adherence Scale (MMAS)-8 pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2 di Puskesmas Bakti Jaya Kota Depok.Tesis. Universitas Indonesia, Depok.

Safitri, I. N. Kepatuhan Penderita Diabetes Melitus Tipe 2 Ditinjau dari Locus Of Control.Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan. Vol. 01, No.02, Agustus 2013.

Tjokropawiro, Askandar. 2006. Hidup Sehat dan Bahagia Bersama Diabetes Melitus. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Tovar, E, 2007, Relationship Between Psycosocial Factors And Adherence To Diet And Exercise In Adult With Type 2 Diabetes : A Test Of Theoretical Model, Disertasi, The University of Texas Medical Branch Graduate School of Biomedical Science.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v3i2.697

Article Metrics

Abstract views : 894| PDF views : 242

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics