Pengaruh Nugget Ikan Tenggiri Tepung Daun Kelor (Moringa Oleifera) Terhadap Asupan Gizi Dan Kadar Haemoglobin Ibu Hamil

suaebah suaebah, Widyana Lakshmi Puspita, Iman Jaladri

Abstract


Latar Belakang: Kesehatan ibu hamil yang merupakan indikator ke-5 dalam Millenium DevelopmentGoals (MDG) yang dicanangkan oleh WHO belum tercapai karena masih terdapat 37,1% ibu hamil yang mengalami anemia di Indonesia. Menurut data Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2018, prevalensi anemia ibu hamil di Indonesia sebesar 48,9 % mengalami peningkatan dari tahun 2013 sebanyak 11,8%. Dengan demikian, keadaan ini mengindikasi bahwa anemia gizi besi masih menjadi masalah kesehatan.

Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksprimen, dengan design onegroup pre-post tes design. Penelitian ini akan dilaksanakan di Wilayah Puskesmas Parit Mayor, denganjumlah sampel sebanyak 35 ibu hamil dengan penambahan 10% droup out. Pengambilan sampeldilakukan dengan cara purposive sampling artinya sampel diambil apabila sesuai dengan kriteria ebagai

berikut : bersedia mengikuti penelitian sampai selesai, tidak alergi ikan, dan berdomisili di Wlayah Puskesmas Parit Mayor. Tahap pelaksanaan penelitian : ijin lokasi dengan kepala puskesmas dan koordinasi dengan kader Posyandu setempat, tahap awal skrining sampel, kemudian pre test : recall asupan zat gizi dan pemeriksaan kadar Hb selanjutnya intervensi nugget dilakukan selama 8 kali selama 3 bulan.

Hasil : ada perbedaan kadar haemoglobin ibu hamil sebelum dan setelah diberikan nugget ikan tenggiri dengan P-value 0,000 ada perbedaan asupan protein, asupan Fe dan asupan vitamin C sebelum dan setelah diberikan nugget ikan tenggiri.


Keywords


nugget; ikan tenggiri; daun kelor; ibu hamil

Full Text:

PDF

References


Tarute A, Nikou S, Gatautis R. Mobile application driven consumer engagement. Telemat Informatics [Internet]. 2017;34:145–56. Available from: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:3042227

Rizqi MA, Wiwaha G, Marhaeni D, Herawati D. Pengembangan Aplikasi Seluler Lingkar Lengan Atas Ibu Hamil Berbasis Android. J Ris Kesehat. 2021;13(2):476–84.

Nauval El Ghiffary M, Dwi Susanto T, Herdiyanti A. Analisis Komponen Desain Layout, Warna, dan Kontrol Pada Antarmuka Pengguna Aplikasi Mobile Berdasarkan Kemudahan Penggunaan (Studi Kasus: Aplikasi Olride). J Tek Its. 2018;7(1):1–6.

Hutapea C. Efektivitas Aplikasi “Bumil Siaga” terhadap Pengetahuan Ibu Hamil tentang Tanda Bahaya Kehamilan pada Era Pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Medan Belawan. Sumatera Utara: Fakultas Keperawatan, Universitas Sumatera Utara; 2021. p. 6.

Creswell JW, Creswell JD. Mixed Methods Procedures. Research Defign: Qualitative, Quantitative, and Mixed M ethods Approaches. 2018. pg 418




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v6i2.1229

Article Metrics

Abstract views : 155| PDF views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics