PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TUMBUH KEMBANG ANAK (STUNTING) DI TPA ATHAHIRA PENDOWOHARJO

Pri Hastuti

Abstract


Latar belakang : Stunting adalah kondisi dimana anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek daripada teman seusianya. Pola asuh yang diterapkan orang tua pada anaknya memberikan pengaruh cukup besar dalam kehidupan anak di masa mendatang. Pemantauan perkembangan anak berguna untuk menentukan penyimpangan/hambatan perkembangan anak sejak dini sehingga upaya pencegahan, stimulasi, penyembuhan, serta pemulihan dapat diberikan dengan indikasi yang jelas sedini mungkin yakni pada masa-masa kritis tumbuh kembang anak. Setiap tahapan tersebut memerlukan pemahaman dan pemantauan rutin dari orang tua. Hal tersebut berguna untuk menghindari dan mendeteksi secara dini jika terjadi kelainan ataupun keterlambatan perkembangan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap tumbuh kembang anak (stunting). Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan menggunakan jenis pendekatan studi kasus. Hasil : Pemberian metode tersebut dapat memberikan pemahaman terhadap orang tua mengenai pola asuh yang baik sehingga anak akan terhindar dari perilaku yang menyimpang. Dengan demikian penelitian ini berisi kutipan-kutipan secara deskriptif untuk memberikan gambaran penyajian laporan

Full Text:

PDF

References


Ahsanulkhaq, M. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. 2(1), 13

Aramico, dkk. (2013). Hubungan Sosial Ekonomi, Pola Asuh, Pola Makan dengan Stunting pada Siswa Sekolah Dasar di Kecamatan Lut Tawar, Kabupaten Aceh Tengah. Aceh Tengah.

Aslan, A. (2019). Peran Pola Asuh Orangtua di Era Digital. Jurnal Studia Insania, 7(1), 20. https://doi.org/10.18592/jsi.v7i1.2269

Asri, I. G. A. A. Sri. (2018). Hubungan Pola asuh terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(1), hlm. 1-9.

Dasar Metodologi Penelitian. (2015). Literasi Media Publishing

Desmita. (2015). Psikologi Perkembangan.Bandung : PT Remaja Rosada

Fatimah, L. (2012). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulyo, Jogoroto, Jombang. Jurnal Prosiding Seminas, 1(2)

Etika, N. M. (2019). Mengenal Stunting, Kondisi Tubuh Anak Pendek yang Ternyata Berbahaya. Diakses dari https://hellosehat.com/parenting/kesehatan-anak/stunting-adalah-anak-pendek/.

Handayani, dkk. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang pada Anak dari Orang Tua Bekerja Volume 20 no 1 Jurnal Keperawatan. Jakarta : Salemba Humaika.

Hidayat, T. (t.t.). pembahasan studi kasus sebagai bagian metodologi penelitian. 12

Hurlock,Elizabeth. (2012). PsikologiPerkembangan Suatu PendekatanSepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta:Erlangga

Kementerian Kesehatan RI. 2018c. ‘Situasi Balita Pendek (Stunting) di Indonesia’, pp. 1–3.

Kartikahadi, L. A., Soetjiningsih, S., Ardjana, I. G. A. E., & Windiani, I. G. A. T. (2012). Comparison of maternal anxiety scores in pediatric intensive care unit and general ward parents. Paediatrica Indonesiana, 52(2), 95-98.

Krisdiyanto, E. (t.t.). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK ANAK USIA 3-5 TAHUN. 9.

McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015). Research using qualitative, quantitative or mixed methods and choice based on the research. Perfusion.

Rakhmawati, Istina. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jawa Tengah.

Setiawan, E., & Machmud, R. (t.t.). (2018). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kejadian Stunting pada Anak Usia 24-59 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Andalas Kecamatan Padang Timur Kota Padang.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v8i2.998

Article Metrics

Abstract views : 577| PDF views : 87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebidanan Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.