HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PROVIDER DENGAN KEBIJAKAN PROGRAM JAMINAN KESEHATAN ACEH (JKA) DI PUSKESMAS RAWATAN MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE TAHUN 2018

Nizan Mauyah, Aida Fitriani, N Usrina

Abstract


Latar Belakang: Program Jaminan Kesehatan Aceh (JKA) bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas terhadap pelayanan kesehatan, serta meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satu faktor yang menyebabkan pelayanan kesehatan dapat diberikan secara maksimal apabila petugas kesehatan merasa puas dengan pekerjaannya, dan besarnya insentif yang diperoleh merupakan salah satu aspek kepuasan petugas kesehatan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan provider dengan besarnya insentif JKA pada Puskesmas di Kota Lhokseumawe Tahun 2018. Metode: Deskriptif dengan menggunakan metode cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai negeri sipil pada 6 Puskesmas di Kota Lhokseumawe dan jumlah sampel penelitian adalah 81 orang. Hasil: Terdapat perbedaan yang signifikan antara petugas kesehatan pria dan wanita, pada jumlah insentif JKA yang mereka terima (P value < 0,05). Hasil uji kuadrat menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara besaran insentif JKA yang diterima dengan kepuasan provider (P-value > 0,05). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara jenis profesi dengan kepuasan terhadap insentif JKA yang diterima (P-value < 0,05). Kesimpulan: Ada hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dengan jenis profesi kesehatan dengan kepuasan terhadap insentif JKA yang diterima. Transparansi komposisi pembagian insentif JKA perlu ditingkatkan dan pedoman teknis insentif JKA perlu ditinjau.


Full Text:

PDF

References


Adisasmito, Wiku Dan Dewi, Basmala, Garot, Hubungan Karakteristik Perawat, Isi Pelerjaan dan Lingkungan Pekerjaan Terhadap Kepuasan Kerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap RSUD Gunung Jati Cirebon, Depok: Fakultas Kesehatan Masyatakat, Universitas Indonesia, 2005. http://www.univpancaila.ac.id[juni, 2018

Alexandre, Dumont. Et al., Developing A Tool To Measure Satisfaction Among Health Professionals In sub-Saharan Africa, BioMed Centraljournal, 2013http://www.human-resourceshealth.com/content/11/1/30 [4 July 2018].

AL-Hussami M., A Study of Nurses' Job Satisfaction: The Relationship to Organizational Commitment, Perceived Organizational Support, Transactional Leadership, Transformational Leadership, and Level of Education,European Journal of Scientific Research, 22(2), 286-295 (2008.)

Al-Mamoni., M. Improving Nurse Retention in Jordanian Public Hospitals, Advanced Practice Nursing ejournal 8(4), 2008.

Bhandari P, Bagga R, Nandan D, Levels of Job Satisfaction among Healthcare Providers in CGHS Dispensaries, Department of Management Studies, National Institute of Health & Family Welfare, Delhi.

Hasibuan, Melayu, Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Revisi, Bumi Aksara 2001.

Indriono, Zaenudin, Hubungan Antara Motivasi Kerja Perawat dan Kepuasaan Kerja Perawat Di Instalasi Rawat Inap Badan RSUD Batang, FIK Universitas Pekalongan:2009

Mulyati, Y dan Lukito, H, Analisis Kepuasan Kerja Tenaga Perawat danTenaga Non Medis dalam Kaitan dengan Peningkatan Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada RumahSakit di Sumatera Barat), Jurnal Bisnis dan Manajemen Vol 4 No 3, 2008.

Pemerintah Aceh, PedomanPelaksanaJaminanKesehatanAceh (Manlakjka) Banda Aceh: Edisi revisi, 2012.

Prabu,Anwar, Pengaruh Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional Muara Enim, Jurnal Manajemen dan Bisnis Universitas Sriwijaya Vol. 3 No 6, 2005, hal 19-20 [July, 2018].

Rad, A.M.M. & Yarmohammadian, M.H. (2006). A Study of Relationship Between Managers’ Leadership Style and Employees’ Job Satisfaction. Leadership in Health Service, 19(2): 11-28

Schutzenhofer., K. K. And Musser., D.B, Nurse Characteristics and Professional Autonomy. Journal of Nursing Scholarship 26 (3): PP.201-205.

Syptak, Marsland and Ulmer (1999), Job Satisfaction: Putting Theory Into Practice,1999.http://www.aafp.org/fpm/99100/26.htm (3 september, 2018)




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v7i2.845

Article Metrics

Abstract views : 151| PDF views : 14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Khatulistiwa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.