PENGARUH PEMBERIAN JUS JAMBU BIJI TERHADAP PENINGKATAN KADAR HB PADA IBU HAMIL ANEMIA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KARANGDADAP KOTA PEKALONGAN

Ummy Khairussyifa, Nur Khofidoh, Dwi Ernawati

Abstract


Anemia pada kehamilan adalah kondisi dimana ibu hamil yang mempunyai kadar Hb < 11,00 gr% pada trimester I, II dan III atau kadar Hb < 10,50 gr% pada trimester II. Pada ibu hamil sangat rentan terjadi anemia defisiensi besi. Untuk menanggulangi masalah anemia di Indonesia, pemerintah telah mencanangkan pendistribusian tablet Fe ke pelayanan-pelayanan kesehatan keseluruh ibu hamil secara gratis. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh pemberian jus jambu biji terhadap peningkatan kadar Hb pada ibu hamil anemia di Puskesmas Karangdadap kota Pekalongan. Penelitian ini merupakan miniriset dengan jenis penelitian deskriptif. Sampel sejumlah 3 orang ibu hamil dengan anemia, yang akan dikaji karakteristiknya serta pengukuran HB sebelum dan sesudah pemberian jus jambu biji. Hasil yang diperoleh pemberian jus jambu biji berpengaruh kadar Hb ibu hamil di Puskesmas Karangdadap kota Pekalongan.


Full Text:

PDF

References


Depkes RI.(2012). Profil Kesehatan Republik Indonesia Tahun 2012. Jakarta : Depkes RI

Dinkes Kabupaten Pekalongan. 2016. Profil kesehatan kabupaten Pekalongan tahun 2016. Pekalongan : Dinas kesehatan kabupaten Pekalongan.

Hadiati & Apriyanti. (2015). Bertanam Jambu Biji di Pekarangan. Jakarta: Agriflo.

Nugraheny, Esti. (2010). Asuhan Kebidanan Pathologi. Yogyakarta : Pustaka Rihama.

Parimin, S. P. 2007. Budidaya Jambu Biji Merah. Penebar Swadaya ; Jakarta.

Permenkes RI. (2014). Standar Tablet Tambah Darah Bagi Wanita Usia Subur dan Ibu Hamil. http://sinforeg.litbang.depkes.go.id/upload/regulasi/ PMK_No._88_ttg_Tablet_Ta mbah_Darah_.pdf. Akses 10 Agustus 2018.

Saifudin, A.B. 2008. Buku Acuan Nasional Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta : YBP-SP.

Sari, R K. 2013. “Vitamin Dan Mineral†dalam Artikel Universitas Airlangga.

Varney, H. 2007. Buku Ajar Asuhan Kebidanan. Jakarta : EGC

Widyastuti, Palupi. (2005). Gizi dalam Daur Kehidupan. Jakarta : EGC

World Health Organization.(2012). Iron deficiency anemia: assessment, prevention and control. Geneva: World Health Organization.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v6i2.553

Article Metrics

Abstract views : 1059| PDF views : 130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kebidanan Khatulistiwa