PENGARUH FLASHCARD TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK DI TK DHARUL KHAIR

Tessa Siswina, M.Keb

Abstract


Pada dasarnya perkembangan bahasa merupakan perkembangan kognitif, dimana perkembangan kognitif tersebut perlu distimulus. Untuk menciptakan kelas agar tidak membosankan, membuat siswa tertarik dan dapat menumbuhkan semangat motivasi belajar dengan menggunakan media pembelajaran permainan flashcard. Diharapkan siswa dapat lebih kreatif dan inovatif dalam pembelajaran, sehingga siswa memiliki kekuatan atau dorongan untuk belajar sehingga tidak langsung akan tumbuh motivasi belajar siswa.

Mengidentifikasi pengaruh flashcard terhadap perkembangan bahasa anak di TK Dharul Khair tahun 2019.Desain penelitian yang digunakan yaitu dengan menggunakan metode rancangan pre test dan post test. Populasi dalam penelitian ini adalah TK Dharul Khair tahun 2019 sebanyak 64 siswa. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan responden dengan menggunakan metode purposive sampling, maka sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 20 orang.Dari tabel uji normalitas data maka dapat kita ketahui nilai Sig. Pre Test 0,449 dan Post Test 0,238 yang artinya nilai tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal. Berdasarkan keterangan pada persentase perubahan mengalami kenaikan terhadap hasil perilaku perubahan test yang dilakukan peneliti sebesar 52,96%. Kemudian dapat kita lihat pada kolom sig. yaitu sebesar 0,043 yang berarti bahwa nilai tersebut kurang dari nilai alpha yaitu sebesar 0,05. adanya pengaruh penggunaan media flascard terhadap perkembangan bahasa anak TK Dharul Khair. Adanya pengaruh penggunaan media flascard terhadap perkembangan bahasa anak TK Dharul Khair.


Full Text:

PDF

References


Ali, A., Anggoro, U. K., Machfoedz, M. M., Darwanto, D. H., Radhy, F., Sasono, A., ... & Subejo, R. (2013). Jihad Menegakan Kedaulatan Pangan; Suara dari Bulaksumur.

Antari, I. G. A. D. P., Sujana, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2015). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Time Token Berbantuan Media Flash Card Pada Anak Kelompok B4 Tk Kemala Bhayangkari I Denpasar. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 3(1).

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum.

Dharma, K. K. (2017) Metodologi Penelitian Keperawatan: Panduan Melaksanakan dan Menerapkan Hasil Penelitian. Jakarta: Trans Info Media.

Hidayat A, Aziz Azimul (2014). Metode Penelitian Keperawatan dan Teknik Analisa Data. Jakarta: Salemba Medika.

Isjoni, dkk (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka

Jalongo, Mary renck. (2007). Early Childhood Language Arts. USA: Pearson.

Jean Piaget (2012). Pengembangan Kecerdasan Majemuk. Jakarta: Universitas Terbuka.

Khayatun, A. N. (2013). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar MatematikaSiswa Kelas V Sd Negeri Salatiga 05Tahun Pelajaran 2012/2013(Doctoral dissertation, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW).

Latif dkk (2013) Psikologi Eksperimen. Malang: UMM PERS.

Machfoedz, Ircham. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Fitramaya.

Mala Rizkika. (2013). Analisis Efektivitas dan Kontribusi Tindakan Penagihan Pajak Aktif dengan Surat Teguran dan Surat Paksa sebagai Upaya Pencairan Tunggakan Pajak. Jurnal Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang.

Madyawati, L. (2016). Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Kencana.

Menkes RI. 2007. Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor Permenkes 369/MENKES/SK/III/2007 tentang Standar Profesi Bidan.

Mildred Parten, 2001. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nawawi, Hadari. (2012). Metoda Penelitian. Yogyakarta: Gadjah mada University.

Narendra, Moersintowarti B. (2002). Tumbang Anak dan Remaja. Jakarta: CV Sagung Seto.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Parten, M. B. (1932). Social participation among pre-school children. The Journal of Abnormal and Social Psychology, 27(3), 243.

Rachmawati dan Kurniati. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentan Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Riyanto, Y. (2010). Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Roid, G. H. (2003). Stanford-Binet Intelligence Scales interpretive manual: Expanded guide to the interpretation of SB5 test results. Itasca, IL: Riverside.

Setiana. L. 2018. Teknik Penyuluhan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Bogor: Ghalia Indonesia.

Saryono. (2011). Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Mitra Cendikia.

Santoso, S. (2000). Problematika pendidikan dan cara pemecahannya. Jakarta: Kreasi Pena Gading.

Setyawan, A. S. (2011). Metodologi penelitian kebidanan DIII, DIV, S1, dan S2.

Soetjiningsih. (2012). Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC.

Spodek, B., Saracho, O. N., & Davis, M. D. (1991). Foundations of early childhood education: Teaching three-, four-, and five-year-old children. Pearson College Division.

Sudarmanto. (2012). Kinerja dan Pengembangan Kompensasi SDM. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Sugiyono. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudono, A. (2000). Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo.

Sujiono (2013). Perkembangan Anak Jilid 1, Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.

Tedja Saputra. (2001). Bermain, Mainan, dan Permainan. Jakarta: PT. Grasindo.

Saputra, Tedja A. B., & Sari, E. R. (2005). Supporting rapid ethnography for HCI field research with pair writing. In HCII 2005 conference proceeding, Las Vegas (pp. 22-27).

Tim Dirjen Pembinaan Kesmas. (1997). Pedoman Deteksi Dini Tumbuh Kembang Balita. Jakarta: Departemen Kesehatan RI.

Undang - Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003.

Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Perlindungan Anak Nomor 23 Tahun 2002.

Wibawa, S. (2007). Implementasi pembelajaran Bahasa Daerah sebagai muatan lokal. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wikasanti, E. (2014). Pengembangan Life Skill untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Jogjakarta: Redaksi Nasional.

Yus. (2012). Penilaian Perkembangan Belajar Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30602/jkk.v6i1.495

Article Metrics

Abstract views : 865| PDF views : 154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.