PENGARUH KONSELING GIZI MENGGUNAKAN MEDIA LEAFLET TERHADAP PERUBAHAN SISA MAKANAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUD SOEDARSO PONTIANAK

Lisda Khaira Manik

Abstract


Sisa makanan adalah volume atau presentase makanan yang tidak habis dimakan dan dapat digunakan untuk mengukur evektifitas menu. Sisa makanan terjadi karena pasien tidak menghabiskan makanan yang sudah disajikan. Sisa makanan dikatakan tinggi atau banyak jika pasien meninggalkan sisa makanan >20%. Konseling gizi dengan motivasi secara rutin akan membantu pasien dalam menghabiskan makanan yang disajikan. Leaflet merupakan salah satu alat untuk mempermudah konseling gizi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konseling gizi menggunakan media leaflet terhadap perubahan sisa makanan pasien rawat inap kelas III di RSUD Dr. Soedarso Pontianak. Jenis penelitian ini adalah Quasy-Eksperiment dengan rancangan yang one group pretest postest design. Uji yang digunakan adalah uji paired t-test dan wilcoxon. Jumlah sampel sebanyak 24 sampel dan waktu penelitian pada tanggal 03 Agustus – 08 Agustus 2018. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada sisa makanan, pada makanan pokok sebelum dan setelah intervensi didapatkan nilai p value (p=0,000) rata-rata hasil sisa makanan pokok sebelum diintervensi yaitu 76,67% sedangkan, sisa makanan pokok setelah intervensi yaitu 52,88%, sisa makanan pada lauk hewani sebelum dan setelah intervensi didapatkan nilai p value (p=0,000) rata-rata sisa lauk hewani sebelum dintervensi yaitu 70,36 % sedangkan sisa lauk hewani setelah diintervensi yaitu 33,32%, sisa makanan pada lauk nabati sebelum dan setelah intervensi didapatkan nilai p value (p=0,000) rata-rata sisa lauk nabati sebelum diintervensi yaitu 71% sedangkan, sisa lauk nabati setelah diintervensi yaitu sebesar 41,54, sisa makanan pada sayur sebelum dan setelah intervensi didapatkan nilai p value (p=0,000), rata-rata sisa sayur sebelum diintervensi yaitu 66,52% sedangkan, sisa sayur setelah diintervensi yaitu sebesar 36,59%.


Full Text:

PDF

References


Departemen Kesehatan RI, (2008). Pedoman PGRS Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI Kementrian Kesehatan RI, (2013). Pedoman PGRS Pelayanan Gizi Rumah Sakit. Jakarta: Departemen Kesehatan RI Lauhenapessy, L. 2003. Pengaruh Konseling Gizi Terhadap Sisa Makanan Dan Status Gizi Pasien Dengan Makanan Khusus di Ruangan Penyakit Dalam RSUD Dr. M.Haulussy Ambon. Mas’ud Hikmawati., Siti Nur Rochimiwati, Sitti Sahariah Rowa (2015), Studi Evaluasi Sisa Makanan Pasien Dan Biaya Makanan Pasien Di Rsk Dr Tadjuddin Chalid Dan Rsud Kota Makassar. Jurnal Media Gizi Pangan, Vol. XIX, Edisi 1, 2015. Hal 91 Notoadmodjo, S. (2007). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta Notoadmodjo, S. (2012). Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta : Rineka Cipta Silawati, E. T. (2017). Efektifitas Konseling Gizi Terhadap Perubahan Sisa Makan Siang Pasien Diabetes Melitus rawat inap di Rumah Sakit Islam Klaten. Supriasa, N. I. (2012). Pendidikan & Konsultasi Gizi. Jakarta : EGC. Supriasa, N. I. (2013). Pendidikan & Konsultasi Gizi. Jakarta : EGC. Tjaronosari, dkk., 2005, Jasa Boga sebagai Alternatif Penyelenggaraan Makanan RS dalam Mengantisipasi Otonomi Daerah, Nutrisia, Vol. 6 no. 1, Jogyakarta: Poltekes.




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v2i1.478

Article Metrics

Abstract views : 696| PDF views : 175

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Web Analytics