EFEKTIVITAS PROGRAM SEHATI TERHADAP PERBAIKAN STATUS GIZI BALITA PROGRAM CSR PT PERTAMINA PATRA NIAGA IT MAKASAR

Andi Ade Ula Saswini, Sandya Pramudikta, Dwi Jarwanto Muh, Haris Haris

Abstract


Gizi kurang merupakan gangguan kesehatan akibat kekurangan atau ketidak seimbangan zat gizi yang diperlukan untuk pertumbuhan, berfikir dan semua hal yang berhubungan dengan kehidupan. Upaya yang dilakukan agar kebutuhan balita gizi kurang tercukupi diwilayah ring 1 PT Pertamina Patra Niaga IT Makassar yaitu dengan melaksanakan program SEHATI, pada program ini dilakukan pemberian paket intervensi  pemulihan dan edukasi kepada orang tua balita terkait kesehatan dan gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah program SEHATI PT Pertamina Patra Niaga efektif terhadap perubahan status gizi  balita. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimen dengan desain penelitian one group pre dan post-test design. Penelitian ini dilaksanakan di Wilayah kerja puskesmas Tabaringan ditiga kelurahan yakni di Kelurahan Gusung, Kelurahan Tamalabba, dan Kelurahan Ujung Tanah yang juga merupakan wilayah ring 1 PT Pertamina Patra Niaga IT Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah balita yang bermasalah gizi di wilayah kerja Puskesmas Tabaringan sebanyak 21 orang, Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh Program SEHATI PT Pertamina Patra Niaga IT Makassar terhadap perubahan status gizi balita yang berarti bahwa program SEHATI PT Pertamina Patra Niaga IT Makassar efektif terhadap perbaikan status gizi balita.

Full Text:

PDF

References


Adriani, M., & Kartika, V. (2013).Pola Asuh pada Balita dengan Status GiziKurang di jawa Timur, Jawa Tengah dan Kalimantan Tengah tahun 2011.

Almatseir, S. (2009). Prinsip Dasar Ilmu Gizi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama. Jurnal Ilmu Kesehatan MAKIA, 11(1).

Cholifatun, N., & Muniroh, L. (2015).Hubungan tingkat pendidikan, tingkat pengetahuan dan pola asuh ibu dengan Wasting dan Stunting Pada Balita Keluarga Miskin. Media Gizi Indonesia Kemenkes. (2018). Buku Saku Pemantauan Status Gizi Tahun2017.

Damanik, H., (2013) Hubungan Pola Makan Dengan Status Gizi Pada Balita Usia 1-4 Tahun Di Lingkungan Ii Kelurahan Namogajah Medan. “Jurnal Ilmiah Keperawatan Imelda” Vol. 1, No. 1, Februari 2015.

Dinkes Sulsel. Modul Gammara’na Sulsel. 2021;Makassar. Profil kota Makassar.

Rarastiti, C. N. (2013). Hubungan Karakteristik Ibu, Frekuensi Kehadiran Anak Ke Posyandu, Asupan Energi Dan Protein Dengan Status Gizi Anak Usia 1-2 Tahun. Doctoral Dissertation, Diponegoro University, 1–36.

Realita. (2010). Hubungan antara pola makan dengan perubahan berat badan. Kendal : STIKES Kendal

Seksi Kesga dan Gizi Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan (2023).

Sialangan at all (2023) Status gizi dan pola makan pada anak. “Jurnal gawat darurat” Volume 5 no.2




DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v7i2.1552

Article Metrics

Abstract views : 18| PDF views : 5

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics