HUBUNGAN ANTARA BODY IMAGE DENGAN PERILAKU MEMBACA LABEL INFORMASI GIZI PADA JURUSAN KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

Nadila Sefrina, Fitriana Mustikaningrung

Abstract


Body image adalah evaluasi pada ukurantubuh, berat tubuh, dan kepercayaan diri yang mengarah pada penampilan fisik seseorang. Perempuan cenderung memiliki pandangannegatif terhadap body image dan memperhatikan berat badan merekadibandingkan laki-laki. Kepedulian pada body image jadi alasan mahasiswa untukmenentukan makanan dan membaca label informasi nilai gizi yang tertera pada kemasanmakanan. Penelitian ini bertujuan untukmengidentifikasi korelasi antara citra tubuhdengan kebiasaan membaca label informasigizi pada mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini menggunakan desaincross sectional. Sampel yang digunakansebanyak 70 responden dari mahasiswa prodiKesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Surakarta yang diambilmenggunakan teknik simple random sampling. Data diperoleh menggunakan body shape questionnaire yang kemudian dianalisisdengan uji chi square. Hasil studimenunjukkan bahwa mahasiswa memilikipersepsi positif terhadap body image dan patuhdalam membaca label informasi gizi pada makanan yang mereka konsumsi, serta terdapatkorelasi signifikan antara body image denganperilaku membaca label informasi gizi pada mahasiwa jurusan kesehatan masyarakatUniversitas Muhammadiyah Surakarta, denganp-value sebesar 0,02. Mahasiswa sebaiknyamulai membiasakan membaca label informasinilai gizi untuk meningkatkan kesehatan secarakeseluruhan. Sehingga dengan peningkatankesehatan baik secara mental maupun fisik, mahasiswa dapat memiliki body image yang positif.

 



DOI: https://doi.org/10.30602/pnj.v7i2.1479

Article Metrics

Abstract views : 24|

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Pontianak Nutrition Journal (PNJ)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics